Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan mengajak anak bangsa untuk meningkatkan literasi tentang Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia merupakan bangsa besar yang dipersatukan dengan ideologi Pancasila.

"Pancasila merupakan satu kekuatan kita sebagai bangsa. Dengan Pancasila, kita harus menyatu dan tidak boleh ada dikotomi di antara anak bangsa. Yang mempersatukan kita adalah Pancasila. Inilah yang patut diresapi dan dipahami anak bangsa," kata Sjarifuddin Hasan dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Syarief mengatakan tanpa Pancasila bangsa Indonesia akan terpecah belah. Oleh karena itu, Pancasila harus menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni harus dimaknai seperti itu.

Baca juga: Ketua MPR tegaskan Pancasila layak dijadikan rujukan peradaban dunia

Ia mengakui bahwa masih ada warga yang belum mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Syarif Hasan menekankan pentingnya literasi Pancasila kepada masyarakat.

"Kita patut meningkatkan literasi Pancasila atau sosialisasi Pancasila. Mungkin banyak warga yang belum mendapat informasi utuh tentang Pancasila. Kita harus positif thinking, mungkin karena ketidaktahuan mereka sehingga mereka tidak mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Syarief menambahkan menjadi kewajiban bersama untuk meningkatkan literasi tentang Pancasila untuk  anak bangsa.

Baca juga: Wakil Ketua MPR ajak kokohkan kembali pengamalan nilai-nilai Pancasila

"Selain itu, jangan ada klaim bahwa saya pancasilais, kamu tidak. Saya sudah mendatangi pondok-pondok pesantren, semuanya sangat paham dan taat kepada Pancasila," imbuhnya.

Kemudian jika ada kelompok masyarakat yang tidak tahu dan tidak menjalankan Pancasila, katanya, maka kelompok tersebut tidak boleh dikucilkan, namun harus dirangkul dan jangan negatif thinking terhadap satu golongan.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan MPR RI melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR RI sudah mengupayakan literasi Pancasila, papar dia.

Syarief Hasan menilai upaya itu perlu lebih ditingkatkan karena diakui memang tidak mudah untuk menyosialisasikan Pancasila kepada 275 juta rakyat Indonesia.

"Kita semua bertanggungjawab untuk memberikan informasi tentang Pancasila yang utuh kepada rakyat. Sosialisasi Pancasila memang menjadi tugas BPIP dan MPR RI, tapi kita semua mempunyai tanggung jawab yang baik dalam bentuk sosialisasi maupun preventif," katanya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023