Solo (ANTARA News) - Pelatih Widyantoro mengaku akan mengutamakan pemain muda dalam merekonstruksi ulang tim Persis Solo untuk kompetisi Divisi Utama Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) yang akan dimulai 8 Maret 2013.

"Kami memiliki karakter gaya permainan menyerang atau total football, sehingga dibutuhkan pemain fisik prima terutama pemain muda," katanya disela acara "Launching Pelatih Persis Solo Widyantoro" di Solo, Selasa.

Meski demikian, kata Widyantoro, Persis tetap akan mengkombinasikan dengan wajah-wajah lama atau pemain senior berpengalaman.

"Kami juga merekrut pemain senior Persis pada musim lalu. Namun, Persis kali ini, akan diperkuat mayoritas pemain muda," katanya.

Widyantoro akan memanfaatkan kondisi waktu yang mendesak atau sekitar satu bulan untuk mempersiapkan tim, Padahal, idealnya, mempersiapkan tim minimal butuh tiga bulan.

Menurut dia, ada sebanyak puluhan pemain yang melamar untuk bergabung dengan Persis Solo, tetapi pada seleksi pertama yang dilakukan di Lapangan Lanud Adi Soemarmo Colomadu, Selasa ini, sudah ada pengerucutan menjadi 34 pemain.

Sejumlah pemain mantan Persis musim lalu yang lolos seleksi tahap pertama di antaranya, Haryadi (bek), Feryanto (striker), Joko Sugiharto (bek), Ade Candra (gelandang), Ganda Syahputra (bek), Johan Setiawan (kiper), Sopian Morhan (bek), Dian Fachrudin (gelandang).

Selain itu, pemain back Persis Solo yang ikut Liga Indonesia (LI), Modestus Setiawan, Saparno (bek) juga lolos seleksi pertama. Bahkan, dua pemain PSS Sleman Andrid Wibowo dan Tri Handoko juga ingin bergabung dengan Persis Solo pada musim kompetisi tahun ini.

Manajer Persis Solo Joni Sofyan Erwandi, menjelaskan, pelatih Widyantoro sudah resmi bergabung dengan Persis Solo menjadi menjadi pelatih kepala, sedangkan asisten pelatih Sri Widadi, dan I Komang Putra selain juga pelatih kiper bisa membantu diturunkan menjadi kiper.

"Kami juga memilih Bambang Wijarnako bergabung dengan Persis Solo, menjadi pelatih fisik," katanya.

Menyinggung soal tiga pelatih asing yang diinginkan pelatih Widyantoro, kata Joni, pihaknya akan koordinasi dengan pihak chief executive officer (CEO) Persis di Jakarta, untuk menentukan pemain asing yang ingin bergabung dengan Persis.

Menurut dia, memang ada empat pemain asing yang telah menghubungi pihak manajemen antara lain Javier Roca (gelandang) dan Michael Ndubuisi (bek) mantan pemain Persis musim lalu, Bruno Casmir, dan satunya asal Liberia.

Namun, kata dia, soal siapa dan kontrak pemain asing akan ditangini langsung oleh CEO.

"Kami dalam waktu dekat segera koordinasi dengan CEO, dan secepatnya segera memanggil pemain asing untuk memenuhi kebutuhan tim," kata Joni.

Kendati demikian, pihaknya berharap Persis dengan besutan pelatih Widyantoro yang memiliki karakter sepak bola menyerang itu, menjadikan tim asal Solo ini menjadi lebih baik naik ke level lebih tinggi.

"Kami memiliki target agar Persis mampu naik ke level tertinggi pada musim depan," kata Joni optimistis.

(*)

Pewarta: Oleh Bambang Dwi Marwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013