Kabupaten Asmat (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bersama Kementerian Sosial (Kemensos) menerjemahkan makna Hari Lahir Pancasila dengan sejumlah tindakan berupa pemberdayaan sosial di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

"Sebenarnya dari awal mau merayakan Hari Lahir Pancasila mencoba menerjemahkan Pancasila dalam tindakan. Maka salah satunya adalah bukan hanya persatuan Indonesia dan keadilan sosial yang kita terjemahkan dalam ini, supaya warga Asmat ini bisa merasakan bahwa Pancasila ada maknanya bersama sama dengan kami," ujar dia di Keuskupan Agats, Kabupaten Asmat, Kamis.

Makna Hari Lahir Pancasila diterjemahkan dalam berbagai rangkaian kegiatan, seperti penyerahan bantuan 27 kapal fiber glass longboat yang dikerjakan pemuda Agats melalui kerja sama dengan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), bantuan ternak sepasang bibit babi untuk 500 penerima manfaat, pakaian, bantuan bengkel dan loka karya kapal fiber.

Ia juga berencana menambah bantuan untuk pemberdayaan, seperti bibit lele, tambak udang, dan fasilitas salinasi air guna memenuhi kebutuhan air bersih yang selama ini mayoritas warga setempat bergantung pada air hujan.

Khusus pada Hari Lahir Pancasila, ia meminta pengerjaan kapal fiber glass dipercepat.

Ia bahkan meminta bantuan salah satu teknisi dari ITS untuk tinggal di Asmat guuna membantu menyelesaikan kapal bersama para pemuda.

"Ini enggak pulang Lebaran, karena saya paksakan tanggal 1 (1 Juni, red.) Hari Lahir Pancasila harus jadi. Dia enggak pulang, ngelembur di sini supaya tanggal 1 Juni (saya, red.) datang, karena saya mau merayakan Hari (Lahir, red.) Pancasila bersama saudara-saudara kami dari Asmat," ujar dia.

Dari galangan kapal, Mensos Risma bersama 27 awak kapal fiber glass longboat melakukan konvoi melewati Pelabuhan Suru, kemudian melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ewer.

Di setiap kapal tersebut, terpancang bendera Merah Putih disertai umbul-umbul dengan tulisan beragam, seperti "Pancasila dan Tindakan," "Warga Lebih Baik Bersama Bangun Negeri," "Bersatu Kita Teguh," dan "Indonesia Makin Maju".

Baca juga: Mensos Risma serahkan kapal fiber hingga penuhi gizi anak di Agats
Baca juga: Mensos Risma serahkan bantuan pemberdayaan warga Skouw Papua
Baca juga: Mensos Risma ajak masyarakat hidup sehat dengan jaga perilaku

 
Konvoi kapal fiber glass longboat melintasi Sungai Asewet dalam rangka Hari Lahir Pancasila di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis (1/6/2023). (ANTARA/Devi Nindy)

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023