Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu memeriksa mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq sebagai saksi dalam kasus pengurusan impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

"Diperiksa sebagai saksi untuk JE (Juard Effendi)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha.

Luthfi datang ke gedung KPK di Jakarta sekitar pukul 10.15 WIB dan sempat mengungkapkan alasan pengunduran dirinya sebagai Presiden PKS.

"Saya prihatin dengan pekerjaan di partai, jadi saya ajukan penguduran diri supaya partai bisa bergerak," kata Luthfi.

Dia juga menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI agar daerah pemilihannya (dapil) tetap mendapat perhatian.

"Saya konsentrasi pada dapil saya supaya tetap ada perhatian untuk dapil sehinga saya dengan ini mengundurkan diri sebagai anggota DPR supaya segera diganti. Orang sesudah saya bisa memberikan perhatian kepada dapil saya," tambah Luthfi yang berasal dari dapil Jawa Timur V.

KPK pada hari ini juga akan memeriksa Direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi, pegawai perusahaan tersebut Fani dan Aji serta General Manager PT Indoguna Petrus.

"JE diperiksa sebagai saksi untuk LHI," ungkap Priharsa.

Dalam kasus ini KPK menetapkan empat orang tersangka yaitu Luthfi Hasan Ishaaq, orang dekat Luthfi Ahmad Fathanah serta dua orang direktur PT Indoguna Utama yang bergerak di bidang impor daging yaitu Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi.

(D017)



Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013