mempersiapkan anggota Pramuka menjadi warga negara yang mandiri, peduli, bertanggung jawab
Palangka Raya (ANTARA) - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah menyiapkan anggota Pramuka berkualitas dengan menggelar Lomba Tingkat (LT) IV Pramuka Penggalang pada 5-8 Juni 2023 di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng Kota Palangka Raya.

Wakil Ketua Kwarda Kalteng Bambang Mantikei di Palangka Raya, Jumat mengatakan, pelaksanaan LT IV ini dimaksudkan untuk membina, mengembangkan serta meningkatkan sikap dan ketahanan spiritual, emosional, sosial, intelektual, fisik dan menggairahkan semangat para pramuka penggalang untuk senantiasa berprestasi.

"LT IV ini diselenggarakan untuk mempersiapkan anggota Pramuka menjadi warga negara yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan komitmen sepanjang hayatnya," katanya.

Bambang menjelaskan, peserta LT IV Kwarda Kalteng ini adalah Pramuka Penggalang utusan Kwarcab se-Kalteng. Dari kegiatan tersebut, diharapkan para peserta didik mengerti, menghayati, melaksanakan serta membiasakan dalam hidupnya terkait dengan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka.

"Selanjutnya ilmu pengetahuan, teknologi, sikap kewirausahaan, membina dirinya sepanjang hayat, memiliki sikap patriotisme yang berwawasan luas serta rasa persatuan dan kesatuan," ucapnya.

Baca juga: Pramuka Kotawaringin Timur kirim peserta terbanyak ke Jambore Nasional
Baca juga: Pramuka diharapkan tidak terkesan kuno


Sementara itu Ketua Panitia LT IV Kwarda Kalteng Syamsuni mengungkapkan, kegiatan yang melibatkan utusan dari Kwarcab se-Kalteng.

Bahkan Kwarcab se-Kalteng juga akan mengirimkan utusan satu regu putra dan satu regu putri tingkat Pramuka Penggalang yang merupakan hasil dari LT III Kwarcab masing-masing.

"Sedangkan regu yang sudah berpartisipasi tinggi hasil dari LT IV ini, nantinya berhak mengikuti LT V Tingkat Nasional yang dijadwalkan tanggal 17-23 Juni 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur," ungkap Syamsuni.

Hingga saat ini, sambung Syamsuni, panitia beserta tim juri LT IV Kwarda Kalteng sudah melakukan berbagai persiapan guna mensukseskan kegiatan yang dilaksanakan hanya satu kali dalam lima tahun itu.

"Dengan demikian, diharapkan pada saat pelaksanaan LT IV nantinya kami berharap tidak ada kendala apapun, sehingga kegiatan bisa berjalan lancar dan sesuai keinginan," bebernya.

Informasi yang telah dihimpun oleh awak media saat ini dari panitia penyelenggara, ada 11 Kwarcab se-Kalteng yang sudah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti LT IV Kwarda Kalteng tahun 2023.

Ke 11 Kwarcab tersebut adalah Kwarcab Palangka Raya, Kapuas, Gunung Mas, Katingan, Barito Timur, Barito Utara, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Seruyan, Sukamara, dan Lamandau.

Sedangkan lima Kwarcab lainnya yakni Murung Raya, Barito Selatan, dan Pulang Pisau, masih belum ada kepastian apakah akan ikut serta pada acara itu.

Baca juga: Kemenag: Ekstrakurikuler Pramuka wahana bentuk karakter siswa
Baca juga: Kemenag: Perkemahan Wirakarya Nasional kuatkan nasionalisme mahasiswa
Baca juga: Mahasiswa UI wakili RI pada forum pramuka internasional di Hongkong

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023