Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Basarnas Kota Banjarmasin Al Amrad mengatakan pihaknya sedang melakukan evakuasi dan pertolongan terhadap tiga warga Banjarmasin yang terjatuh ke dalam manhole tongkang saat melakukan aktivitas.

"Saat ini tim sedang melakukan tindakan evakuasi dan pertolongan di tempat kejadian," kata Al Amrad saat dikonfirmasi di Banjarmasin.

Al Amrad menuturkan bahwa informasi awal operasi SAR terhadap kondisi membahayakan manusia (KKM) terjebak di dalam ruang terbatas, yakni terjatuh ke dalam manhole tongkang BG EVE 101 2019 di Perairan Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala.

Informasi diterima pada Jumat sekitar pukul 16.40 Wita dan peristiwa jatuhnya tiga orang warga ke dalam manhole tongkang terjadi sekitar pukul 13.40 Wita.

"Tim berangkat menuju lokasi sekitar pukul 17.00 WITA dari Banjarmasin untuk melakukan pertolongan dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 1 jam 10 menit," ucapnya.

Awal mula diterimanya informasi jatuhnya tiga orang warga Banjarmasin ke dalam manhole tongkang, kata Al Amrad, saat Komandan KP 2004 menerima laporan dari masyarakat.

Pelapor tersebut merupakan keluarga dari salah satu korban.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kronologi peristiwa bermula saat empat orang sedang melakukan aktivitas bersih-bersih pada tongkang BG EVE 101 2019.

Tidak sengaja satu orang terjatuh ke dalam manhole. Saat dua orang hendak menolong temannya yang terjatuh, kedua orang tersebut juga ikut terjatuh ke dalam manhole tongkang tersebut.

Satu orang yang bernama Supian (25) yang selamat, kata dia, merupakan salah satu keluarga dari korban yang terjatuh.

Mereka langsung melaporkan peristiwa tersebut kepada Komandan KP 2004 sehingga diteruskan ke Basarnas Kota Banjarmasin untuk dilakukan pertolongan terhadap tiga orang korban yang jatuh ke dalam manhole tongkang itu.

Korban yang terjatuh bernama Asrani (35), Dullah bin Idris (25), dan Amat bin Hilmi (35).

Al Amrad menyampaikan aksi yang dilakukan oleh Tim Basarnas Banjarmasin berupa melaporkan ke BCC, memberangkatkan Tim Rescue KPP Banjarmasin serta berkoordinasi dengan Potensi SAR.

Saat ini kondisi korban belum dapat dipastikan keselamatannya. Hingga pukul 20.50 WITA, Tim Basarnas Kota Banjarmasin masih melakukan evakuasi dan pertolongan terhadap tiga korban yang terjatuh ke dalam manhole tongkang BG EVE 101 2019.

Baca juga: Basarnas Jambi evakuasi orang terjebak dalam kapal tongkang
Baca juga: Tim Penyelamat Berhasil Evakuasi Tongkang

Pewarta: Gunawan Wibisono/Tumpal Andani Aritonang
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023