saya minta agar program-program itu dimulai secepat mungkin
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI agar lebih fokus pada program yang besar, sehingga penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun Anggaran 2013 maksimal.


"Penyerapan APBD tahun lalu masih sangat rendah. Jadi, saya minta agar para SKPD membuat program-program yang lebih besar, sehingga penyerapan APBD tahun ini bisa maksimal," kata Jokowi ketika memberikan pengarahan kepada para SKPD di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.


Jokowi menargetkan penyerapan APBD DKI 2013 mencapai 95 persen dari total keseluruhan yang telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta beberapa waktu lalu, yaitu sebesar Rp49,9 triliun.


"Oleh karena itu, saya minta agar seluruh SKPD segera menyusun Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) serta anggaran kas, karena seminggu lagi evaluasi APBD sudah ada di tangan kita (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)," ujar Jokowi.


Jokowi juga menghimbau agar seluruh program dan kegiatan segera dilaksanakan setelah APBD tersebut selesai dievaluasi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk menghindari terjadinya penumpukan program atau kegiatan pada akhir tahun.


"Selain target untuk penyerapan APBD DKI 2013, saya juga menargetkan seluruh program kerja yang telah direncanakan bisa rampung pada akhir November. Maka dari itu, saya minta agar program-program itu dimulai secepat mungkin," tutur Jokowi.


Menurut Jokowi, jika sampai akhir tahun masih ada beberapa program kerja belum juga terselesaikan, akibatnya anggaran tidak akan terserap secara maksimal.


Jokowi menambahkan pada tahun ini, seluruh program akan menggunakan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), sehingga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, mutu dan transparansi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.
(R027)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013