Jakarta (ANTARA) - Adidas Move For The Planet (MFTP) Indonesia dibuka dengan olahraga lari yang diikuti komunitas Runners Jakarta di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu.

Move For The Planet adalah sebuah acara yang diinisiasi perusahaan sepatu Jerman Adidas untuk mengajak komunitas olahraga di seluruh dunia untuk membantu merawat atau melestarikan bumi.

Berlangsung mulai 1-12 Juni, Adidas mengajak semua orang untuk menjadikan aktivitas fisik sebagai aksi nyata untuk membantu melestarikan lingkungan. Terdapat sebanyak 34 aktivitas fisik berupa berbagai macam cabang olahraga mulai dari jalan, lari, aerobik, sepak bola, badminton, baseball, basket, hingga tinju.

Nantinya, setiap orang yang bergerak 10 menit dari 34 cabang olahraga yang dipilih di Adidas Running App setara dengan mendonasikan 1 Euro kepada organisasi Common Goal untuk pelestarian bumi.

Senior Activation Manager Adidas Indonesia Cinita Dewi Mayakatri ketika membuka acara mengatakan kegiatan ini adalah kelanjutan dari acara serupa tahun lalu yaitu “Run For The Oceans" yang bertujuan melestarikan laut dengan mekanisme setiap orang yang melakukan lari selama 10 menit akan membersihkan satu botol plastik.

“Kalau ingat, tahun lalu ada ‘Run For The Oceans’, sedangkan tahun ini namanya ‘Move For The Planet’ karena kita mau merangkum segala macam olahraga, tidak hanya lari tapi ada basket, sepak bola, tenis, dan lain-lain,” kata Cinita.

“Semua yang ada di sini saya ucapkan terima kasih. Kalian itu membuat dunia menjadi lebih baik, jadi mari bergerak karena kita bisa mengubah kehidupan," katanya.

Baca juga: Adidas ajak komunitas olahraga rawat bumi lewat Move For The Planet

Sementara itu, Medical Adidas Indonesia Matias Ibo menegaskan acara tersebut ditujukan untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari, baik di masa kini dan masa mendatang.

“Jadi kita bersama, kita berlari untuk lingkungan karena lingkungan ini adalah tempat kita bermain. Ini milik kita bersama yang harus dijaga, bukan hanya untuk kita tapi untuk ke depannya tetap terjaga kelestariannya,” ucap pria kelahiran Malang, Jawa Timur itu.

Pria yang kini berusia 44 tahun itu yakin dengan banyaknya peserta dalam kegiatan itu, maka akan semakin besar juga perubahan yang dihasilkan untuk pelestarian alam.

“Perubahan berasal dari diri kita sendiri. Satu orang melakukannya akan terjadi perubahan, kalau 100 orang melakukannya maka akan lebih banyak perubahan, kalau 72 komunitas Adidas terus melakukannya maka perubahannya pasti akan besar,” ucap Matias.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh peserta berlari di Ring Road GBK sejauh 3-5 kilometer (km) atau tiga sampai lima kali putaran dan diakhiri dengan yoga atau meditasi sebagai penutup kegiatan.

Tidak hanya komunitas Runners Jakarta yang memeriahkan acara tersebut tetapi juga selebritis dan atlet seperti Regina Poetiray (vokalis grup band Geisha), Fajar Arifan (drummer grup band Alexa Band), Andrea Dian (aktris), Carla Bio Pattinasarany (pemain timnas Indonesia sepak bola putri), Ade Mustikiana Oktafiani (pemain timnas Indonesia sepak bola putri), dan Atjong Tio Purwanto (pelari Indonesia).

Adapun, MFTP Indonesia tidak hanya digelar secara bersama-sama untuk olahraga lari karena setidaknya terdapat enam olahraga lainnya yang dapat diikuti bersama beberapa komunitas seperti H2C (softball), Thursday Night Tiger FC (sepak bola), dan juga BKT.CC (bersepeda).


Berikut jadwal lengkap acara Adidas “Move For The Planet” Indonesia:

Sabtu (3/6):

Nama kegiatan: Kick-off Run

Waktu: 05.30 - 09.30 WIB

Tempat: Rooftop, GBK Sports Complex

 

Minggu (4/6):

Nama kegiatan: Trekking

Waktu: 05.30 - 11.00 WIB

Tempat: Cisadon, Sentul

 

Selasa (6/6):

Nama kegiatan: Slo Pitch

Waktu: 17.30 - 20.00 WIB

Tempat: Sotfball Stadium - Softball Field 3

 

Jumat (9/6)

Nama kegiatan: Mini soccer

Waktu: 17.30 - 20.00 WIB

Tempat: Triboon Sports Hall, Jeruk Purut

 

Sabtu (10/6)

Nama kegiatan: Basketball

Waktu: 09.30 - 12.00 WIB

Tempat: Filari Basketball Court, Lebak Bulus

 

Minggu (11/6)

Nama kegiatan: Cycling

Waktu: 05.30 - 07.30 WIB

Tempat: Kuningan City Mall

Baca juga: Adidas luncurkan sepatu super ringan Ultraboost

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023