Baru kali ini Kali Manggis meluap airnya, karena memang hujan sore ini cukup deras,"
Magelang (ANTARA News) - Luapan air Kali Manggis yang melintasi sejumlah wilayah di Kota Magelang, Jawa Tengah, Rabu menjelang petang, sempat mengejutkan warga setempat karena selama puluhan tahun peristiwa itu tidak pernah mereka alami.

"Baru kali ini Kali Manggis meluap airnya, karena memang hujan sore ini cukup deras," kata seorang warga Kampung Pucangsari, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang Kurniawati di Magelang, Rabu malam.

Ia mengatakan luapan air sungai menggenangi rumah-rumah warga dan jalan kampung setempat, tidak terlalu tinggi karena hanya mencapai antara 10-15 centimeter.

Hujan cukup deras mengguyur kota dengan tiga kecamatan itu sejak sekitar pukul 16.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Beberapa kampung yang mengalami luapan air dari Kali Manggis, antara lain, Kedungsari, Pucangsari, dan Menowo.

Beberapa rumah warga kemasukan air dari sungai tersebut, sedangkan luapan air juga melewati jalan-jalan di sejumlah kampung setempat lainnya hingga ketinggian lutut orang dewasa.

Seorang warga Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, Juremi (60), mengaku pertama kali pada musim hujan 2013, air Kali Manggis meluap hingga masuk rumahnya yang berjarak sekitar lima meter dari sungai tersebut.

"Air yang masuk sampai sekitar 15 centimeter ini, kami sedang membersihkan sisa-sisa luapan," katanya.

Sekitar pukul 19.00 WIB air yang meluap hingga jalan kampung dan rumah warga di tepian sungai itu mulai surut.

Warga bergotong-royong menyingkirkan sampah yang terbawa air sungai hingga jalan dan pekarangan rumah.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Pemkot Magelang Suryantoro, belum bisa dihubungi melalui telepon selulernya, ketika hendak dikonfirmasi menyangkut langkah pemkot setempat menangani luapan air sungai itu.

Beberapa kawasan di Kota Magelang dilewati aliran sejumlah sungai seperti Kali Manggis dan Kali Bening.
(M029/B015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013