Gianyar, Bali (ANTARA) - Bali United mengadakan program khusus yakni "the Next Gen" dalam menjaring bibit muda berbakat untuk regenerasi pemain di klub bola profesional itu.

Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra di Gianyar, Bali, Sabtu, mengungkapkan timnya masih membutuhkan pemain baru untuk memperkuat skuad dengan julukan Serdadu Tridatu itu.

Pelatih asal Brazil itu mengatakan setidaknya Bali United membutuhkan hingga tiga pemain.

Ada pun program khusus itu mencakup tiga program utama yakni kelas pembinaan atau coaching clinic, turnamen muda (Youth Tournament) untuk usia sembilan tahun (U9) U11, U13, U15, dan U18 dan kesempatan mengikuti seleksi pemain muda atau Bali United Youth.

Sebelumnya, pada 2022 program serupa juga sudah pernah dilaksanakan untuk membina dan mengasah pemain muda berbakat

Meski begitu, manajemen belum memberikan detail terkait waktu pelaksanaan program khusus itu yang rencananya diadakan di Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar.

Klub bola itu mengharapkan program tersebut menjadi peluang bakat muda Indonesia utamanya di Bali untuk berkiprah dan menekuni olahraga bola untuk mendukung sepak bola Bali dan Tanah Air.

Manajemen Bali United melalui laman resmi mencatat sejumlah jebolan Bali United Youth yang kini berada di skuad senior asuhan Stefano Cugurra di antaranya Made Andhika Wijaya, Komang Tri Arta, Kadek Arel Priyatna, Made Tito Wiratama.

Kemudian, Komang Aryantara, Kadek Agung Widnyana, Kadek Dimas Satria dan Gede Agus Mahendra dan baru-baru ini mendapat promosi masuk tim senior yakni Rahmat Arjuna yang sebelumnya menjadi pemain muda.

Rahmat Arjuna adalah jebolan skuad Bali United U18 yang sukses menjadi juara Elite Pro Academy (EPA) Liga 1, U18 pada 2021.

"Rahmat Arjuna sudah adaptasi sama tim dan bermain dari inti atau bangku cadangan di Liga 1 musim lalu. Dia (Rahmat Arjuna) juga sudah membantu Bali United di musim lalu. Saya pikir dia harus tetap kerja keras di setiap latihan dan bisa bantu setiap ada kesempatan di pertandingan," kata pelatih yang kerap disapa Coach Teco itu.

Sementara itu, pemilik Bali United, Pieter Tanuri menjelaskan manajemen serius melakukan pembinaan pemain usia muda, salah satu upayanya membangun tiga lapangan di Pemusatan Latihan Bali United dan akan bertambah menjadi tujuh lapangan.

"Kami lebih kembangkan pemain muda. Kami banyak opsi para pemain muda. Kami kasih kesempatan bagi mereka sekarang," ujar Pieter Tanuri saat pelantikan pengurus PSSI 2023-2027.

Saat ini pembinaan usia muda terus berjalan yang dipimpin oleh legenda sepak bola Bali, I Made Pasek Wijaya.

Terbaru, skuad Bali United Youth kategori U15 juga sempat menjuarai kompetisi Internasional Football Championship (IFC) Mei 2023.


Baca juga: Bali United bidik pemain muda hasil pembinaan perkuat tim
Baca juga: Bali United minta dukungan suporter jelang laga lawan PSM Makassar
Baca juga: Pieter pastikan Bali United sudah lengkapi komposisi pemain asing

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023