'"Ada 450 nama yang dinyatakan memenuhi ketentuan berdasarkan hasil verifikasi dan validasi berkas oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IX Jayapura dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Papua,"
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi, Papua Selatan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat mengumumkan 450 tenaga honorer yang dinyatakan lolos seleksi berkas untuk pengusulan pengangkatan calon aparatur sipil negara.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris BPKSDM Kabupaten Mappi, Andi Baso dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan nama-nama yang lolos seleksi berkas diumumkan berdasarkan Surat Bupati Mappi Nomor 810/942/BUP/V/2023 tentang verifikasi dan validasi dokumen eks tenaga honorer K2 dan tenaga kontrak yang memiliki masa kerja lebih dari lima tahun di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mappi.

'"Ada 450 nama yang dinyatakan memenuhi ketentuan berdasarkan hasil verifikasi dan validasi berkas oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IX Jayapura dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Papua," katanya.

Menurut Baso, 450 nama honorer yang sudah diumumkan pada Kamis (1/6) dinyatakan memenuhi ketentuan di mana syarat utama adalah masa kerja lebih dari lima tahun dan lebih diprioritaskan pada honorer K2 yang belum lulus seleksi CPNS pada 2013.

Dia mengatakan 450 nama tersebut belum bersifat final sehingga pihaknya meminta jika pihak yang merasa keberatan dengan hasil tersebut maka diberi kesempatan untuk memberikan sanggahan kepada BKPSDM selama lima hari kerja terhitung sejak tanggal diumumkan.

"Kami sudah umumkan ada 450 orang honorer K2 dan masa kerja di atas lima tahun yang berkas mereka dinyatakan memenuhi ketentuan setelah dilakukan verifikasi dan validasi," ujarnya.

Dia menjelaskan setelah masa sanggah selesai akan dilakukan perbaikan sesuai ketentuan yang berlaku dan selanjutnya akan dilakukan koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk penetapan 450 formasi.

"Setelah ada formasi akan dilakukan tes bagi 450 honorer K2 atau tenaga kontrak tersebut," katanya.

Dia menambahkan 450 orang honorer K2 dan tenaga kontrak ini belum dinyatakan sebagai CPNS melainkan tenaga honorer/kontrak yang dinyatakan memenuhi ketentuan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023