Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 10 siswa SMA/SMK di Kabupaten Mappi, Papua Selatan lolos seleksi program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, di Institute Of The Pasific United (IPU) Selandia Baru pada 2023.

Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Jumat, mengatakan pengumuman lolos seleksi tersebut berdasarkan Surat Edaran Bupati Mappi Nomor : 100.3.3.2/134/BUP/V/2023 tentang penetapan calon mahasiswa hasil tes seleksi peserta program beasiswa luar negeri kerja sama Pemerintah Kabupaten Mappi dan IPU Selandia Baru pada 2023.

"Kami mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa yang lolos seleksi tetap jaga kesehatan dan manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya karena kalian ini calon-calon pemimpin masa depan di Kabupaten Mappi," katanya.

Menurut dia, kesempatan itu menjadi langkah awal yang baik dalam membangun sumber daya manusia di Kabupaten Mappi.

Ia mengharapkan mereka dapat memanfaatkan kesempatan berharga melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

"Tidak hanya beasiswa pendidikan luar negeri tetapi Pemkab Mappi juga mengalokasikan bantuan pendidikan dan beasiswa bagi anak-anak Mappi yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di dalam negeri serta sejumlah sekolah kedinasan," ujarnya.

Baca juga: Beasiswa Indonesia Maju tingkatkan kesempatan kuliah di luar negeri

Sebanyak 10 peserta yang lolos seleksi itu, Jeini W. J. Tiginimu, Godeliva Arawok, Junita Antoneta Chelsea Kurumop, Norce Rumaseuw, Paulina O. M. Chausumohoi, Labertus Way, Irenia Damaris Sonya, Meilania Dumgair, Kristian Valentino, dan Febriana Tikwinem.

Dia menjelaskan bagi peserta yang lolos seleksi beasiswa ke luar negeri selanjutnya mengikuti beberapa tahapan selama Juni 2023, di antaranya peserta wajib melaporkan kepada sekretaris melalui kepala bagian pada 5 Juni 2023.

"Kemudian pada 6 Juni 2023 pemeriksaan kesehatan dan pada 7 Juni 2023 pertemuan antara pemerintah daerah dengan orang tua calon mahasiswa," katanya.

Pada 9 Juni 2023 para peserta yang lolos seleksi berangkat ke Jayapura dalam rangka penyesuaian atau inisiasi guna mengikuti pendidikan kuliah di IPU Selandia Baru.

Baca juga: Babel dorong lulusan SMA lanjutkan pendidikan luar negeri
Baca juga: Kemdikbudristek sediakan Beasiswa Indonesia Maju untuk S1 Luar Negeri

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023