Jakarta (ANTARA) - Dua atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida dan I Ketut Agus mengamankan tempat di putaran keempat ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024, ISA World Surfing Games 2023, di El Salvador.

Dalam perlombaan putaran ketiga yang disiarkan Asosiasi Surfing Internasional (ISA), Sabtu waktu setempat, Rio berlomba di Heat 7 bersama tiga peselancar lainnya, yaitu Leonardo Fioravanti asal Italia, Che Allan wakil Barbados, dan Noel de La Torre dari Chili.

Rio mengumpulkan 12.17 poin melalui dua ombak terbaiknya 6.27 dan 5.90. Namun, catatan nilai tersebut masih kalah dari Fioravanti dengan skor total 13.66 poin.

Meski tidak memimpin dalam Heat yang dia mainkan, Rio berhak melaju ke putaran keempat ISA World Surfing Games 2023. Hal tersebut juga dialami I Ketut Agus.

Berlomba dalam Heat 10, pria asal Bali itu berkompetisi dengan Jordy Smith dari Afrika Selatan, Giorgio Gomez asal Colombia, dan Bryan Perez wakil tuan rumah.

Dengan catatan nilai total 12.10 poin, I Ketut Agus hanya selisih 1.23 poin dari Jordy Smith yang memimpin Heat.

I Ketut Agus selanjutnya akan berkompetisi di Heat 5 pada putaran keempat. Sementara, Rio Waida akan berlomba di Heat 4 pada putaran keempat bersama dengan salah satunya adalah peselancar Peru yang merupakan Olimpian Tokyo 2020, Lucca Mesinas.

Rio, yang menjadi pembawa bendera Merah Putih saat parade atlet dalam Olimpiade Tokyo, tembus 16 besar dalam ajang olahraga tertinggi di dunia itu.

Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu meraih perak dalam ISA World Surfing Games 2022 yang digelar di Huntington Beach, California, AS, September lalu. Rio nyaris mengamankan satu slot putra di Olimpiade Paris 2024 setelah menempati peringkat kedua.

Pada ISA World Surfing Games 2023, Indonesia mengirimkan total enam atlet yaitu Rio Waida, Hairil Anwar, I Ketut Agus, Lidia Kato, Taina Angel, dan Kailani Johnson.

Sementara perjalanan Rio dan I Ketut Agus di ISA World Surfing Games 2023 berjalan mulus ke putaran keempat, Hairil, Lidia dan Kailani harus berjuang melalui Repechage setelah gagal menempati dua posisi teratas dalam Heat.

Hairil akan berlomba di Repechage 2, Lidia dan Kailani melaju ke Repechage 3, sementara langkah Taina untuk merebut tiket Olimpiade harus terhenti di Repechage 2.


Baca juga: Rio Waida pimpin Heat untuk maju ke putaran ketiga ISA World Surfing
Baca juga: Rio Waida lolos ke putaran kedua ISA World Surfing Games 2023
Baca juga: Enam atlet Indonesia kejar tiket Olimpiade di ISA World Surfing 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023