Setidaknya, gunakanlah KRI yang lebih baru
Jakarta (ANTARA) - Pengamat intelijen, pertahanan, dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro mendorong revitalisasi dan modernisasi alutsista TNI setelah terbakarnya KRI Teluk Hading-538 milik TNI AL saat melaksanakan operasi rutin di Perairan Sulawesi.

Simon, sapaan akrab Ngasiman Djoyonegoro, menilai terbakarnya KRI Teluk Hading-538 menandakan bahwa revitalisasi dan modernisasi alutsista TNI tidak bisa ditunda lagi.

"Kapal perang (KRI) ini alat utama untuk melaksanakan fungsi deteksi, pengintaian, pencegahan, dan penyerangan di laut, maka sudah seharusnya kondisinya prima," ujar Simon, dikonfirmasi ANTARA dari Jakarta, Minggu.

Jika terjadi kegagalan di tengah operasi seperti ini, tutur Simon melanjutkan, TNI AL harus mengevaluasi situasi alutsista-nya.

"Setidaknya, gunakanlah KRI yang lebih baru," ucap Simon.

Baca juga: DPR minta pemerintah dukung revitalisasi peralatan TNI

Simon memaparkan kepulauan Indonesia sudah terbagi dalam tiga zona Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Pembagian ini bertujuan untuk membagi pos patroli dan mempermudah proses koordinasi.

Minimal, tuturnya, ada 9 pos patroli jika melihat dari ALKI yang ada. Dalam konteks ALKI, TNI setidaknya mempersiapkan kapal operasi, kapal cadangan, dan dukungan operasi di udara, di pantai dan perbatasan negara.

"Ini membutuhkan alutsista yang tidak biasa-biasa saja. Tapi alutsista yang canggih dengan kemampuan interoperabilitas yang tinggi," tutur Simon.

Ia menilai terbakarnya KRI Teluk Hading-538 menunjukkan bahwa agenda Revolution in Military Affairs (RMA) yang dilakukan oleh TNI perlu dilakukan tinjuan secara berkala.

Selain capaian target, hal lain yang harus dilihat adalah bagaimana peremajaan atau revitalisasi KRI yang sudah cukup berumur dapat dilakukan oleh TNI. Penyematan perangkat modern pada seluruh KRI dan alutsista pendukung lainnya tak bisa ditawar-tawar lagi.

"Personel dan tata kerja kita sudah cukup kuat, buktinya penyelamatan seluruh Kru KRI Teluk Hading-538 dapat dilakukan dalam waktu 30 menit. Tapi perlu diingat, kru yang profesional juga harus ditunjang dengan alutsista yang canggih dan mumpuni," ujar Simon.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023