... monorel dibangun tentu bisa menjadi salah satu solusi... "
Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengatakan, konsep transportasi berbasis monorel merupakan salah satu cara efektif mengatasi kemacetan di Ibu kota Jakarta, sehingga pembangunannya perlu cepat direalisasikan.

"Kami mendukung PT Adhi Karya Tbk yang ingin membangun monorel bersama dengan lima BUMN lainnya. Adhi Karya sebagai pemimpin konsorsium harus mempercepat realisasi pembangunan monorel itu," kata dia, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, masyarakat Jakarta sangat membutuhkan monorel karena kemacetan yang luar biasa kerap melanda wilayah ini.

"Tidak turun hujan saja macet apalagi hujan. Seperti tadi malam, hujan sedikit saja sudah macet total di mana-mana. Kalau monorel dibangun tentu bisa menjadi salah satu solusi mengatasinya," tegas Dahlan.

Diketahui, konsorsium Adhi Karya akan menggarap monorel jalur Kuningan-Cawang-Bekasi Timur, dan Bekasi-Cibubur dengan total sepanjang 52 kilometer.

Proyek jalur monorel dengan biaya sekitar Rp9 triliun itu melibatkan lima BUMN lainnya yaitu PT Jasa Marga Tbk, PT Lembaga Elektronika Negara, PT Telkom Tbk, PT Industri Kereta Api, dan termasuk Bank Mandiri.

Sementara itu Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan, mengatakan, pihaknya akan mulai mengerjakan proyek tersebut setelah mendapat izin dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Kiswo menambahkan proyek monorel yang mampu membawa 30.000 orang sehari, dibangun dalam tiga tahap, yaitu pertama, Bekasi Timur-Cawang sepanjang 18,14 kilometer, Cibubur-Cawang dengan panjang 13,73 km, serta Cawang-Kuningan sepanjang 11,69 km.

(R017/C004)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013