Jakarta (ANTARA) - Tim balap DS PENSKE ingin segera bangkit dari akhir pekan yang sulit yang mereka alami di Formula E Jakarta, dengan menargetkan fokus ke seri 12 ajang balap mobil listrik itu di Portland, Amerika Serikat, 24 Juni.

“Balapan ke-100 kami tidak berjalan seperti yang kami harapkan; kami bahkan bisa menyebutnya rumit,” kata Direktur Kinerja DS Eugenio Franzetti, dikutip melalui keterangan resmi yang diterima pada Minggu.

“Sekarang kami sudah menantikan balapan berikutnya, yakin bahwa performa DS E-TENSE FE23 kami masih di level tertinggi,” ujarnya menambahkan.

Balapan kedua di Formula E Jakarta Franzetti sebut sebagai balapan yang sangat kompetitif. Dua pebalapnya yakni Stoffel Vandoorne dan Jean-Éric Vergne hanya dapat finis di posisi kesembilan dan ke-16 dalam balapan seri 11 itu.

Sebelumnya, Vandoorne menyamai penampilannya dari hari Sabtu (3/6) dengan kualifikasi di urutan kelima, sementara Vergne mengklaim posisi kesembilan. Dengan dua mobil di 10 besar grid, DS PENSKE menggarisbawahi semua potensinya sejak awal hari.

Baca juga: Duo DS PENSKE puas finis di posisi lima besar Formula E Jakarta

Seperti yang terjadi pada hari sebelumnya, balapan hari ini pun berlangsung ketat dan skuad DS Automobiles langsung melaju kencang. Untuk sebagian besar balapan, Vandoorne berjuang untuk merebut posisi podium sampai kegagalan radio dan kontak dengan pesaing lain yang merusak skorsingnya menghambat kemajuan pebalap Belgia itu.

“Tim melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Menjelang akhir balapan saya kehilangan sedikit kepercayaan diri saat pengereman karena masalah suspensi yang disebabkan oleh kontak dengan pembalap lain, dan saya tidak pernah berhasil mengembalikan kepercayaan diri itu sepenuhnya,” ujar Vandoorne.

Rekan setimnya, Vergne, memulai dengan baik, tapi ia juga mengalami kontak dengan sesama pebalap. Ia terpaksa masuk pit dan mengganti sayap depannya, dan membuatnya harus puas di urutan ke-16 saat bendera kotak-kotak dikibarkan.

“Itu membuat frustrasi, tetapi kami hanya bisa melihat ke depan sekarang. Kami akan bekerja sangat keras untuk terus berjuang di depan. Sampai jumpa di Portland!” kata Vergne.

Lebih lanjut, Franzetti menambahkan, tim masih memiliki sejumlah strategi untuk dimainkan dalam perebutan posisi tiga besar klasemen konstruktor. DS PENSKE kokoh di lima besar dan hanya terpaut 32 poin dari posisi ketiga.

Baca juga: DS Automobiles rayakan balapan ke-100 di Formula E Jakarta
Baca juga: DS Automobiles manfaatkan Paris Fashion Week kenalkan DS 7 E-Tense


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023