sampai di Madinah kurang lebih pukul 16.00 WIB
Kediri (ANTARA) - Sebanyak 1.345 jamaah calon haji asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dijadwalkan berangkat naik pesawat ke Tanah Suci, setelah sebelumnya mereka menginap di Asrama Haji, Surabaya.

Bupati Kediri Bupati Hanindhito Himawan Pramana, Senin meminta kepada tim pendamping haji daerah supaya membimbing para jamaah haji ketika tengah berada di Tanah Suci.

"Bagi seluruh tim pendamping haji daerah untuk bisa membimbing, merawat jamaah haji kita yang berangkat," katanya di Kediri.

Jumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Kediri yang berangkat ke Tanah Suci adalah 1.345 orang jamaah calon haji. Dari jumlah itu, 1.320 orang di antaranya merupakan jamaah reguler.

Jamaah calon haji dari Kabupaten Kediri terbagi menjadi empat kloter, yakni kloter 29, 30, 31 dan 32. Seluruh jamaah calon haji sudah berangkat dari Kabupaten Kediri, menginap di Asrama Haji, Surabaya.

Baca juga: Dinkes Kediri beri edukasi kesehatan bagi calon jamaah haji
Baca juga: PPIH Embarkasi Makassar lepas JCH Maluku Utara

Bupati juga meminta agar saat di Tanah Suci, jamaah selalu tenang. Jamaah juga diminta selalu membawa kartu pengenal, sehingga saat tertinggal dari rombongan bisa mudah untuk petugas menghubunginya.

"Menggunakan kartu pengenal dan melihat waktu itu sangat penting, jangan sampai hilang di sana," kata Mas Dhito, sapaan akrabnya.

Bupati Kediri juga berharap agar jamaah calon haji asal Kabupaten Kediri semuanya diberi selamat dan sehat hingga pulang ke Tanah Air nantinya. Ia juga menitipkan doa kebaikan bagi Kabupaten Kediri.

Sementara itu, Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Jose Paulo Ximenes mengatakan sesuai dengan jadwal, seluruh rombongan jamaah asal Kabupaten Kediri naik pesawat Senin (5/6).

"Kloter 29 naik pesawat sekitar jam 08.20 WIB tadi. Semua jamaah naik pesawatnya hari ini ke Tanah Suci," katanya.

Baca juga: Kemenag minta maskapai lebih kooperatif informasikan penerbangan
Baca juga: BPKH kelola dana haji 2023 capai Rp168 triliun


Ia juga mengatakan, kondisi jamaah calon haji semuanya dalam keadaan baik. Semuanya sehat sehingga bisa berangkat bersama-sama ke Tanah Suci.

"Sampai di Madinah kurang lebih pukul 16.00 WIB. Semua jamaah calon haji berangkat hari ini," kata dia.

Di Kabupaten Kediri, jamaah calon haji yang diberangkatkan didampingi Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) tiga orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) tiga orang, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sembilan orang, Pembimbing Haji Daerah (TPHD) enam orang, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) empat orang.

Baca juga: Calon haji diimbau gunakan sewa kursi roda resmi di Masjidil Haram
Baca juga: Jamaah lansia tetap bisa gunakan popok saat ihram
Baca juga: Pengawasan konsumsi jamin katering jamaah haji penuhi standar gizi

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023