Ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada sesama, apalagi Turki yang sejak dulu Aceh dan Turki sudah mempunyai hubungan yang baik, ditambah lagi dengan kepedulian Turki yang besar terhadap Aceh setelah kejadian tsunami Aceh tahun 2004
Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menyerahkan bantuan dana sebesar Rp317,3 juta untuk korban gempa negara Turki melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Azhari, Senin, di Banda Aceh mengatakan bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan yang dilakukan dari seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan keluarga besar Kemenag Aceh dalam beberapa waktu terakhir.

“Alhamdulillah hari ini kami menyerahkan sejumlah Rp317,3 juta dana donasi korban gempa Turki yang berasal dari ASN dan keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Aceh,” katanya.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Azhari kepada Kepala Pelaksana BPBA Ilyas sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Aceh dalam upaya penggalangan bantuan untuk korban negara Turki .

Azhari menjelaskan, donasi itu diberikan sebagai bentuk solidaritas dari ASN, karyawan dan keluarga besar Kemenag Aceh untuk para korban bencana gempa di Turki.

Apalagi, menurut dia, negara Turki mempunyai hubungan baik dengan daerah berjulukan Serambi Mekkah itu, terutama usai peristiwa besar yang memorak-porandakan Aceh yakni gempa dan tsunami 2004 silam.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada sesama, apalagi Turki yang sejak dulu Aceh dan Turki sudah mempunyai hubungan yang baik, ditambah lagi dengan kepedulian Turki yang besar terhadap Aceh setelah kejadian tsunami Aceh tahun 2004," kata Azhari.

Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi dahsyat yang mengguncang Turki pada 6 Februari lalu mencapai di atas 45.089 orang, menurut Badan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD).

Selain puluhan warga yang meninggal dunia, gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 7,7 tersebut juga menyebabkan sebanyak 108 ribu warga ikut terluka.

Baca juga: Pemko Banda Aceh salurkan bantuan kemanusiaan Rp400 juta untuk Turki

Baca juga: Turki sumbang 300 paket kurban untuk warga Banda Aceh

Baca juga: Keluarga besar Disdik Aceh donasikan Rp1 M untuk korban gempa Turki

Baca juga: Aceh Besar sumbang untuk Turki-Suriah Rp358 juta


 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023