Jakarta (ANTARA) - Pendiri perusahaan manajemen artis Avatara88 Sulung Landung menceritakan pengalamannya saat bekerja sama dengan para artis di bawah naungannya dan rasa percaya akan firasatnya terhadap bakat mereka.

Saat ditemui di Wisma Antara, Cikini, Jakarta, Senin, Sulung Landung mengatakan tidak ada rumus khusus dalam merekrut mereka. Dia memercayai apa yang disebut dengan gut feeling atau firasatnya saat berbicara dengan sosok artis yang ingin dia jadikan mitra kerja sama.

“Saya selalu percaya itu adalah gut feeling,” kata Sulung Landung.

Saat pertama kali bertemu dengan artis yang akan direkrut, dia dapat merasakan bahwa orang tersebut memiliki “sesuatu”, yakni bakat untuk menjadi seorang artis. Dia pun tidak memungkiri bahwa seorang calon bintang memiliki aura yang kuat dan kualitas seorang bintang yang tidak dapat direkayasa.

Baca juga: Mengulik dunia di balik manajemen artis

Dia juga selalu memastikan rekam jejak calon artis yang ingin direkrutnya agar sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Setelah artis tersebut memutuskan untuk masuk ke dalam agensinya, Sulung Landung turut memfasilitasi mereka dengan pelatihan dan kelas khusus untuk mengembangkan bakat mereka.

Sulung juga mengatakan proses rekrutmen artis atau kerja sama dengan mereka memerlukan waktu sebelum diresmikan melalui tanda tangan kontrak. Baginya, ada beberapa kali sesi pertemuan untuk meyakinkan dirinya dan diri sang calon artis agar mereka dapat mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

“Sebaliknya, kedua belah pihak harus punya keyakinan dan kenyamanan yang sama,” ujar Sulung.

Sulung telah 18 tahun menggeluti bidang manajemen artis, sejak tahun 2005. Saat itu, dia bekerja di salah satu agensi artis terkemuka dan mencoba berbagai divisi di dalamnya.

Dari sana, dia pun mencoba untuk mendirikan perusahaan manajemen artis miliknya sendiri dengan nama “Avatara88” dan bertahan hingga saat ini.

Suka-duka dalam menggeluti pekerjaannya tersebut pun sudah cukup banyak. Dia percaya akan dinamika kehidupan dan semua hal tidak ada yang tetap.

Oleh sebab itu, dia berpegang untuk selalu menerima apapun yang terjadi, termasuk masalah yang selama ini datang menghampirinya dan pekerjaannya.

Kuncinya, Sulung selalu mengevaluasi dan mencari tahu solusi untuk setiap masalah agar semua dapat terselesaikan dengan baik. Dia juga selalu ingat untuk tidak merasa tinggi hati dan berusaha menikmati serta belajar dari kesalahan yang ia lakukan.

“Pokoknya, semua diterima saja, sambil kita evaluasi seperti apa,” kata Sulung.

Baca juga: Saran Bens Leo agar musisi "Go International"

Baca juga: Ahmad Dhani cari idola baru lewat dunia maya

Baca juga: Sandhy Sondoro berbagi pengalaman eksis di industri musik

Baca juga: Lee Seung Gi akan jadi pewara program pencarian bakat "Peak Time"

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023