Jakarta (ANTARA) - China akan menerapkan aturan baru untuk agensi yang menaungi selebriti atau pemengaruh (influencer) mulai bulan Juni mendatang.

Dikutip dari Reuters, Senin, Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mewajibkan jaringan multi-channel (MCN) memiliki izin untuk beroperasi, mengikuti aturan soal konten dan tipe klien yang bisa mereka tangani.

Pemerintah China juga akan meminta pertanggungjawaban MCN soal kelompok penggemar dari selebriti yang bergabung dengan manajemen mereka.

Industri MCN adalah salah satu yang berkembang pesat di China sejak beberapa tahun belakang, salah satunya ditunjang oleh perkembangan platform siaran langsung (livestreaming).

Firma riset iiMedia Research pada 2020 mengemukakakn ada lebih dari 28.000 agensi MCN di China.

Regulator internet di China beberapa waktu lalu menudhu MCN sebagai penyebab pemujaan berlebihan terhadap selebriti sampai perselisihan antargrup penggemar. Masalah di dunia maya ini seringkali menyeret anak kecil.

Akibatnya, pemerintah China meminta platform penyelenggara siaran langsung untuk memperketat pengelolaan mereka terhadap pengguna di bawah usia 18 tahun.

Baca juga: China perketat kontrol internet untuk anak-anak

Baca juga: Investasi pembiayaan sektor internet China kembali turun pada Q1 2022

Baca juga: Perusahaan internet besar China catat pendapatan tumbuh stabil pada Q1 2022

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022