Soal potensi pariwisata di Kabupaten Jayapura tidak dapat diragukan lagi...
Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua prioritas mengembangkan sektor pariwisata di daerah ini pada 2023.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, di Sentani, Senin, mengatakan bahwa sektor pariwisata di daerah ini sangat perlu perhatian lebih guna menonjolkan potensi yang dimiliki.

“Soal potensi pariwisata di Kabupaten Jayapura tidak dapat diragukan lagi, kami memiliki alam yang indah dengan kekuatan budaya lokal yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri,” katanya pula.

Menurut Triwarno, pengembangan sektor pariwisata yakni meningkatkan atau melengkapi fasilitas dan pelayanan yang dibutuhkan oleh para wisatawan, agar merasa nyaman saat berada di tempat wisata.

“Untuk memberikan rasa nyaman bagi para wisatawan, maka kami perlu melengkapi fasilitas pendukung agar wisatawan pulang membawa kesan yang baik dari daerah ini,” ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, pariwisata dapat meningkatkan devisa, menciptakan lapangan kerja dan merangsang pertumbuhan industri pariwisata yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Di tahun ini kami prioritas kembangkan pariwisata agar ada lapangan kerja baru bagi masyarakat di kampung, karena akan ada stimulan terhadap pertumbuhan industri pariwisata baru,” katanya lagi.

Ia menambahkan banyak aspek yang tercakup dalam sektor pariwisata, yakni restoran, penginapan, pelayanan perjalanan, transportasi, pengembangan daerah tujuan wisata, fasilitas rekreasi dan atraksi wisata.

“Jadi banyak aspek yang bergerak dalam sektor pariwisata ini menjadi peluang untuk mengurangi pengangguran, karena banyak orang yang akan terpakai bekerja pada aspek-aspek pariwisata tersebut,” ujarnya pula.
Baca juga: Pemkab Jayapura siap mendorong Yoboi sebagai desa wisata 2024
Baca juga: Kemenparekraf sebut Kabupaten Jayapura kaya potensi wisata


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023