Peran jamaah calon haji muda sangat dibutuhkan membantu para lansia. Apalagi, saat ini suhu di Tanah Suci terutama di Arafah berkisar 46 hingga 47 derajat Celsius
Padang (ANTARA) - Anggota Komisi VIII DPR RI yang salah satu ruang lingkup tugasnya meliputi agama, John Kenedy Azis, meminta jamaah calon haji yang masih muda ikut membantu jamaah calon haji lanjut usia (lansia) selama menjalankan rangkaian ibadah haji.

"Kepada jamaah calon haji yang masih muda-muda dimohon partisipasinya untuk membantu jamaah calon haji yang sudah tua," katanya di Padang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan John Kenedy Azis dikarenakan sekitar 40 persen jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) dua Embarkasi Haji Padang diisi oleh para lansia. Kloter kedua tersebut merupakan gabungan Kota Padang, Kota Pariaman, dan Kabupaten Padang Pariaman.

Menurut dia, peran jamaah calon haji muda sangat dibutuhkan membantu para lansia. Apalagi, saat ini suhu di Tanah Suci terutama di Arafah berkisar 46 hingga 47 derajat Celsius. Kondisi itu diyakini bisa berimbas pada emosional para jamaah calon haji apabila tidak bisa menyesuaikan diri.

"Nikmati saja, hadapi dengan santai, tidak usah panik karena panik akan menambah kecemasan sehingga makin panas," katanya.

Untuk musim haji 1444 hijriah/2023 pemerintah mengusung tagline Haji Ramah Lansia. Slogan tersebut menunjukkan pemerintah terutama Kementerian Agama (Kemenag) RI memprioritaskan jamaah lansia.

"Yang terpenting jaga kekompakan dan kedepankan saling tolong menolong, terutama anak muda mari berpartisipasi membantu jamaah yang lansia," katanya.

Selain meminta kesadaran jamaah calon haji yang masih muda, John Kenedy Azis juga meminta petugas haji lebih bertanggung jawab dan sabar terutama bagi dokter, paramedis, dan petugas lainnya dalam melayani para tamu Allah subhanahu wa ta ala (SWT).

Jamaah calon haji kloter kedua yang merupakan gabungan Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang berjumlah 393 orang. Para jamaah bertolak ke Tanah Suci pada Selasa dini hari pukul 04.15 WIB menggunakan Garuda Indonesia Boeing 777 seri 300 ER.

Baca juga: Wamenag ingatkan jamaah haji saling bantu, terutama terhadap lansia

Baca juga: Dokter haji ingatkan bantu jamaah lansia juga bernilai ibadah

Baca juga: Stiker Lindungi Lansia tertempel di setiap hotel jamaah Indonesia

Baca juga: Kemenag imbau jamaah lansia batasi aktivitas di luar ruangan

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023