Kloter pertama dari gelombang kedua yang mendarat di Jeddah adalah kloter Solo-Yogyakarta (SOC) 46 pada Kamis (8/6) pukul 04.05 WAS.
Madinah (ANTARA) - Jamaah calon haji gelombang kedua dijadwalkan mulai masuk melalui Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA), Jeddah mulai Kamis (8/6) karena Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah akan menutup penerbangan kedatangan (closing date) pada Kamis dini hari pukul 02.20 Waktu Arab Saudi (WAS).

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Haryanto, di Madinah, Selasa (6/6 mengatakan kloter pertama dari gelombang kedua yang mendarat di Jeddah adalah kloter Solo-Yogyakarta (SOC) 46 pada Kamis (8/6) pukul 04.05 WAS.

"Pada hari pertama pendaratan kloter perdana di Bandara Jeddah, akan disambut dengan acara seremonial oleh pemerintah Arab Saudi dan Indonesia," katanya.

Dari Arab Saudi diwakili oleh Kementerian Haji dan Umrah, sedangkan dari Indonesia dihadiri Dubes RI untuk Arab Saudi, Konjen RI, ketua PPIH Arab Saudi, konsul haji, dan pejabat lainnya seperti di Bandara Madinah.

"Gelombang kedua yang mendarat di Jeddah, jumlahnya akan lebih banyak dibandingkan yang tiba di Madinah, yaitu 272 kloter. Keseluruhan kloter yang akan terbang ke Arab Saudi mencapai 534 kloter," katànya.

Ia menjelaskan untuk persiapan menyambut kedatangan jamaah, tim Daerah Kerja Bandara akan dibagi dua, satu di bandara Madinah dan satunya di Bandara Jeddah sehari menjelang "closing date" di Bandara Madinah.

"Gelombang pertama kloter terakhir yang akan mendarat di Bandara Madinah adalah kloter JKG. Mereka akan melalui jalur 'fast track'," katanya.

Jamaah calon haji yang mendarat di Bandara AMMA akan berada di Madinah selama sembilan hari untuk melaksanaakan ibadah Arbain. Setelah itu, baru bergerak ke Makkah untuk menjalani umrah qudum atau umrah wajib.

Data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat hingga Selasa (6/6) pukul 09.20 WAS sudah 86.214 jemaah dari 227 kloter yang tiba di Madinah, demikian Haryanto.

Baca juga: Madinah siap terima jamaah haji gelombang kedua

Baca juga: 109 kloter jamaah gelombang kedua sudah diberangkatkan ke Madinah

Baca juga: Jamaah haji gelombang kedua mulai pulang ke Tanah Air

Baca juga: Kepulangan jamaah haji gelombang kedua diharapkan tidak ada "delay"

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023