Mekkah (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah mempersiapkan pelayanan untuk jamaah haji gelombang kedua di Madinah.

"Petugas daerah kerja Madinah sudah merapat ke Madinah dan sudah menempati sektor masing-masing. Begitu juga dengan hotel sudah terjadwal seluruhnya," kata Ketua PPIH Arab Saudi Arsad Hidayat di Jeddah, Senin.

Dia mengatakan komunikasi dengan maktab dan pihak transportasi juga sudah dilakukan agar ketika jamaah sudah diberangkatkan dari Mekkah ke Madinah mulai 21 Juli 2022 tidak ada kendala.

Sedangkan terkait akomodasi di Madinah berbeda dengan Mekkah yang memakai sistem full musim. Sedangkan karakteristik Madinah berbeda karena karena pemerintah kota atau baladiyah yang menentukan kapasitas di hotel.

Baca juga: Jamaah haji dilarang bepergian selain di kota perhajian

Baca juga: Jamaah gelombang kedua tetap dapat fasilitas yang sama di Madinah


Sementara terkait ziarah ke Raudhah tetap sesuai dengan sistem tasrih lewat aplikasi e-hajj. Nantinya, akan dikoordinasikan oleh petugas di Daker Madinah.

Jamaah haji gelombang kedua akan mulai bergeser ke Madinah dari Mekkah pada 22 Juli 2022. Jamaah akan melaksanakan ibadah arbain atau shalat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi selama sekitar 8-9 hari.

Selanjutnya jamaah haji akan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz di Madinah.*

Baca juga: Jamaah haji gelombang II dipulangkan dari Madinah

Baca juga: Kemenag putuskan tak ambil kuota tambahan haji

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022