Bandar Seri Begawan (ANTARA) - Kapal latih Angkatan Laut (AL) China Qi Jiguang (Nomor Lambung Kapal/Hull 83) yang sedang menjalani misi kunjungan dan pelatihan kadet di laut jauh, pada  tiba di Pelabuhan Muara, Brunei, Senin (5/6), sekaligus memulai kunjungan persahabatan selama tiga hari di negara tersebut.

Lebih dari 400 orang, termasuk Duta Besar China untuk Brunei Xiao Jianguo, staf Kedutaan Besar China di Brunei, perwakilan perusahaan China dan asosiasi China setempat, serta perwakilan Angkatan Laut Kerajaan Brunei, menyambut kedatangan kapal Qi Jiguang di pelabuhan itu.

Selama lawatan ke negara kesultanan tersebut, para komandan kapal akan melakukan kunjungan kehormatan ke komandan sementara Angkatan Laut Kerajaan Brunei Haji Mohamad Sarif Pudin.

Para anggota Angkatan Laut China itu juga akan mengunjungi pusat pelatihan AL Brunei, Museum Angkatan Bersenjata Kerajaan Brunei, Universitas Brunei Darussalam, dan beberapa kapal Angkatan Laut Kerajaan Brunei.
 
   Seorang awak kapal latih AL China memberikan penjelasan kepada warga Brunei yang berkunjung ke kapal latih AL China Qi Jiguang di Pelabuhan Muara, Brunei. AL China sedang melakukan misi pelatihan kadet di laut jauh sekaligus kunjungan persahabatan selama tiga hari di Brunei. (Xinhua)


Pihak China juga akan menggelar pertandingan olahraga persahabatan dengan perwira AL Brunei dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan perlindungan lingkungan pantai

Dalam kunjungan itu, kapal tersebut akan dibuka untuk umum selama dua hari dan Putri Hajah Masna, Duta Besar Keliling di Kementerian Luar Negeri Brunei, akan mengunjungi kapal itu.

Dinamai menurut nama Qi Jiguang, seorang pahlawan nasional dari era Dinasti Ming China, kapal Qi Jiguang pada Februari 2017 lalu ditugaskan sebagai kapal latih profesional buatan China yang terbesar dan paling modern. Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua dari kapal latih angkatan laut tersebut ke Brunei.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023