Saya ingin mengejar target yang diberikan oleh pemerintah. Pada waktu saya diangkat menjadi Menteri KP itu ada satu target di 2024 mencapai produksi udang nasional dua juta ton
Kebumen (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan pihaknya fokus untuk mencapai target yang ditetapkan, salah satunya capaian produksi udang sebesar 2 juta ton pada 2024.
 
"Saya ingin mengejar target yang diberikan oleh pemerintah. Pada waktu saya diangkat menjadi Menteri KP itu ada satu target di 2024 mencapai produksi udang nasional dua juta ton," ujar Trenggono saat ditemui di tambak udang budidaya berbasis kawasan (BUBK) Kebumen, Selasa.
 
 
Guna mencapai target tersebut, lanjut Trenggono, salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui proyek percontohan tambak udang BUBK yang dapat ditiru dan diterapkan oleh para pelaku usaha termasuk masyarakat pada umumnya.
 
Trenggono menyebut syarat agar tambak udang dapat berproduksi dengan baik, di antaranya jauh dari pemukiman masyarakat serta memiliki kualitas air yang bersih.
 
"Pertama dekat dengan lingkungan masyarakat itu adalah sebuah syarat yang harus dihindari. Karena dengan banyak masyarakat mendekat ke tempat budi daya, maka rentan sekali dengan hadirnya virus, bakteri. Budi daya yg baik itu di suatu tempat yang betul-betul terbebas dari polusi," katanya.
 
Kebumen sebagai lokasi tambak berdasarkan audit yang dilakukan pihaknya telah memenuhi persyaratan tersebut di atas.
 
Tambak BUBK yang berada di atas lahan seluas 100 hektare ini disebutnya telah memiliki sejumlah fasilitas yang mumpuni, di antaranya water intake, instalasi pembuangan air limbah (IPAL), tandon air, hingga pengecekan kesehatan bibit udang atau PCR serta laboratorium pengecekan kondisi kesehatan air.
 
Dari sisi pemeliharaan pun, udang dirawat dengan teratur dan diperhatikan dengan baik atau intensif.
 
Trenggono pun berharap proyek percontohan ini dapat berjalan dengan baik, sehingga menghasilkan manfaat yang positif bagi pendapatan negara.
 
Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menuturkan tambak BUBK memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.
 
"Dengan adanya BUBK ini alhamdulillah masyarakat yang kerja di sini kurang lebih sudah 90 persen memilih kerja di BUBK. Jadi masyarakat dilatih KKP melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara. Memiliki ilmu, kemudian bekerja di sini," ujarnya.

Baca juga: Menteri KP panen udang vaname di tambak udang terbesar di Indonesia

Baca juga: Indonesia promosikan produk perikanan di Fuzhou

Baca juga: Jutaan udang laut masuk pemukiman warga Gorontalo Utara

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023