... presiden seharusnya lebih fokus mengelola pemerintahan, bukan mengurus partai... "
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, menilai Presiden Susilo Yudhoyono lebih baik memfokuskan pada pemerintahan daripada internal Partai Demokrat. SBY, semalam, sebagai ketua Majelis Tinggi partai penguasa itu telah ditetapkan "mengambilalih" kepemimpinan partai.

"Sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, presiden seharusnya lebih fokus mengelola pemerintahan, bukan mengurus partai," kata Soesatyo, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu. Peran presiden harus lebih berat kepada kepentingan rakyat.

"Tidak etis jika banyak berkomentar tentang partai, tapi ini menyangkut soal negara dan kepentingan rakyat, maka patut kita perhatikan karena kondisi negeri ini sedang didera berbagai permasalahan," katanya.

Dalam upaya penyelamatan Partai Demokrat, Majelis Tinggi Partai mengambil beberapa langkah, antara lain Yudhoyono memimpin langsung gerakan penataan, pembersihan dan penertiban partai.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, tetap pada posisinya namun agar memfokuskan diri pada upaya menghadapi dugaan masalah hukum yang sedang ditangani KPK.

Nama ketua umum berusia muda ini disebut-sebut turut terlibat dalam kasus korupsi pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang, Jawa Barat.

(J010)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013