Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat bersama Palang Merah Indonesia menghadirkan 150 orang pendonor darah di Kantor Wali Kota Jakarta Barat untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di DKI Jakarta, Selasa.

"Kegiatan donor darah ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan darah di DKI Jakarta sebanyak 1.000-1.200 kantong darah setiap hari. Dan saya mengapresiasi kegiatan kolaborasi donor darah ini ," ungkap Sekertaris Kota (Seko) Jakarta Barat, Indra Patrianto.

Ia mengatakan kegiatan tersebut juga dilakukan dalam rangka menyambut hari donor darah sedunia.

"Kegiatan donor darah ini dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat dengan peserta donor terdiri dari ASN," ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, donor darah tersebut juha diikuti juga oleh perhimpunan organisasi kemasyarakatan yang ada di Jakarta Barat, seperti Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAT), Sahabat Peci Merah, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI), petugas Penanganan Prasarana & Sarana Umum (PPSU), Demo Care dan lain sebagainya.

Ketua PMI Jakarta Barat, Beky Mardani menuturkan, pihaknya terus melakukan kegiatan donor darah karena saat ini banyak dibutuhkan pendonor untuk memenuhi kebutuhan darah di DKI Jakarta termasuk daerah penyangga, seperti Bekasi, Tangerang, Depok. Kebutuham darah tersebut sebanyak 1.000-1.200 kantong darah setiap hari.

"Kegiatan dilakukan sehari. Untuk hari ini dari pukul 09.00-12.00 kami targetkan sebanyak 150 kantong darah dari pendonor," ucapnya.

Aditya (32) PPSU Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng mengatakan dirinya memang sering untuk mendonorkan saat ada kegiatan donor darah dengan tujuan selain untuk membantu memenuhi kebutuhan darah juga untuk kesehatan tubuh.

"Saya ikut donor darah sudah 20 kali. Dan saya iklas untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah," tandasnya.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023