Kegiatan tersebut telah menjadi semacam perserikatan perempuan setempat dan arisan bertaman dilaksanakan secara berkelompok ...
Padang (ANTARA News) - Kaum perempuan di Nagari Batu Kalang Kabupaten Padang Pariaman sejak dua tahun terakhir menggiatkan pelaksanaan "julo-julo bataman" atau arisan bertaman tanaman pangan sebagai upaya mengatasi dampak kerentanan pangan.

"Kegiatan tersebut telah menjadi semacam perserikatan perempuan setempat dan arisan bertaman dilaksanakan secara berkelompok dan bercocok tanam tanaman pangan dari rumah ke rumah," kata Area Manager FIELD-Bumi Ceria Indonesia, Madonna di Padang, Sabtu.

FIELD-Bumi Ceria Indonesia merupakan lembaga pelaksana program yang mendukung ketangguhan masyarakat terhadap perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana pada komunitas petani di Kabupaten Padang pariaman, Sumbar.

Program ini didukung oleh United State Agency for International Development (USAID) dan diimplementasikan oleh Yayasan FIELD Indonesia.

Yayasan ini ini terlibat memfasilitasi pelaksanaan program arisan bertaman dan diskusi temu lapangan petani di daerah dampingannya yang sampai kini telah berhasil menciptakan tiga level ketangguhan pangan yang terbangun di daerah itu.

Sementara itu, pemandu Sekolah Lapangan Lumbung Pangan Hidup di nagari setempat, Kartini (63) mengatakan kaum perempuan di nagarinya sudah melaksanakan arisan bertaman sejak 2011.

Ia menyebutkan, umumnya arisan dilaksanakan dari rumah ke rumah, namun pada hari-hari tertentu, biasanya kelompok arisan melakukan gotong royong di lahan belajar Sekolah Lapangan Lumbung Pangan Hidup.

Menurut dia, hasil dari arisan ini adalah adanya lahan ini seluas 750 meter persegi yang memiliki jenis tanaman pangan beragam, seperti umbi-umbian yakni ubi jalar dan keladi yang tumbuh yang sebagai tanaman utama, disela tanaman sayuran, cabe dan bahan bumbu dapur lainnya.

Selain itu, juga dibuat kolam dari terpal warna biru berada tepat di pinggir lahan yang menampung air hujan hingga 15 meter kubik. Penampang atasnya dibiarkan terbuka dan dipagari dengan tanaman bunga, sayuran serta rumpun-rumpun pisang.

Kolam ini ditujukan agar persediaan air selalu ada untuk kebutuhan lahan tanama arisan, tambah Kartini.

Pada bagian lain, Wakil Bupati Padang Pariaman, Damsuar menilai arisan ini perlu terus dikembangkan karena akan mampu mengurangi tingkat kebutuhan petani pada bahan pangan yang dipasok dari luar daerah.

Karena itu, arisan ini perlu didukung pemerintah nagari karena berdampak positif untuk meningkatkan ketangguhan petani, tambahnya.

(H014)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013