Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mengaku beberapa kali mendapat keuntungan dari keputusan linesman atau penjaga garis saat melawan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti pada babak pertama Super 750 Singapore Open 2023.

Bertanding di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura, Rabu, Rinov/Pihta memastikan kemenangan atas Praveen/Melati dengan skor 21-17, 19-21, 21-16.

"Saya juga minta maaf ke Praveen/Melati karena saya merasa lebih diuntungkan oleh beberapa kali keputusan penjaga garis," kata Rinov melalui keterangan tertulis PP PBSI yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dalam pertandingan pertama ini, Rinov/Pitha harus "saling bunuh" dengan sesama wakil Indonesia. Kedua pasangan bersaing sengit untuk bisa meraih kemenangan.

Rinov/Phita mampu meraih kemenangan pada gim pertama. Namun pada gim kedua, Praveen/Melati berhasil membalas, sehingga laga harus ditentukan melalui gim ketiga.

Pada gim terakhir ini, kedua pasangan kembali bersaing sengit. Hingga akhirnya, Rinov/Phita akhirnya memastikan tiket babak kedua.

Baca juga: Jonatan tambah daftar wakil Indonesia yang tersingkir pada babak awal

"Mungkin dalam pertandingan tadi kami lebih siap saja. Meski senang, saya juga merasa sedih karena harus ketemu pemain senior di babak pertama. Tapi ini kompetisi, jadi mau tidak mau harus tampil sebaik mungkin dan siap bertanding," kata Rinov.

"Pada gim kedua, ketika berpindah lapangan memang berpengaruh. Kami kalah angin dan kurang siap dengan pola permainan kami sendiri," ujarnya menambahkan.

Pitha pun mengaku kemenangan ini tak lepas dari saling percaya dengan pasangan saat di lapangan. Terlebih lawan yang dihadapi sarat pengalaman.

"Saling percaya kepada partner. Kami dari awal juga yakin dengan pola yang kami kembangkan. Menghadapi pemain berpengalaman, kami memang harus yakin. Tidak boleh panik. Selain itu harus tidak gampang mati sendiri," ujar Pitha.

Dengan kemenangan ini, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan unggulan kedua asal Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang mengalahkan pasangan Korea Selatan Ko Sung-hyun/Eom Hye-won dua gim langsung 21-15, 21-12.

"Untuk menghadapi babak selanjutnya, kami harus fokus ke satu pertandingan dulu. Kami harus bisa menjaga fokus, menjaga kondisi, dan saling suport pasangan di lapangan," pungkas Pitha.

Baca juga: Herry IP akui permainan Fajar/Rian di Singapura tidak normal
Baca juga: The Babies termotivasi dengan status juara bertahan Singapore Open

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023