Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas  Mentari, menembus final turnamen BWF Super 300 Orleans Masters 2024 setelah mengalahkan Mads Vestergaard/Christine Busch.

Rinov/Pitha menyudahi perlawanan unggulan ketiga dari Denmark itu dengan 21-11, 22-20 dalam tempo 35 menit.

Rinov/Pitha yang merupakan unggulan pertama mendominasi gim pertama dengan tidak memberikan kesempatan  Vestergaard/Busch  mengembangkan permainannya.

Rinov/Pitha membungkus kemenangan gim pertama dengan cepat dan taktis.

Pada gim kedua, kedudukan menjadi berimbang menyusul perubahan strategi yang dibuat pasangan Denmark itu dengan bermain lebih agresif dan solid.

Perubahan pola permainan tersebut pun membuat perolehan angka menjadi ketat dan sengit, terutama pada awal hingga interval gim kedua.

Baca juga: Tiga wakil Indonesia siap bertanding di semifinal Orleans Masters 2024

Selepas turun minum, Rinov/Pitha kembali bangkit dan melancarkan serangan yang lebih beragam, sehingga memperlebar jarak keunggulan menjadi 17-12 dari Vestergaard/Busch.

Namun, lawan tidak larut dalam tekanan untuk mengejar hingga menyamakan kedudukan menjadi 18-18, dan membalikkan keadaan dengan matchpoint pertama, 20-19.

Rinov/Pitha kemudian mencoba bermain lebih sabar dan menyamakan kedudukan 20-20, hingga kemenangan pun diraih Rinov/Pitha dengan skor 22-20.

Langkah jauh Rinov/Pitha di Orleans pun menjadi prioritas mereka dan federasi demi mengumpulkan poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris lebih banyak lagi.

Rinov/Pitha masih berada pada peringkat ke-17 pada Race to Olympics dengan total 51184 poin terkumpul. 

Mereka masih berpeluang  merebut slot terakhir jika menjuarai turnamen di Orleans, pekan ini, dan mengikuti beberapa turnamen terakhir yang masuk penghitungan kualifikasi menuju Paris.

Baca juga: Rinov/Pitha melangkah ke semifinal Orleans Masters 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024