Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melangkah ke babak semifinal Orleans Masters 2024, setelah memenangkan partai perempat final, Jumat.

Rinov/Pitha menang atas unggulan kelima asal Jepang Hiroki Nishi/Akari Sato melalui straight game dengan skor 21-17, 21-11 dalam tempo 35 menit, di babak delapan besar yang digelar di Orleans, Prancis tersebut.

Mengenai jalannya pertandingan, Rinov/Pitha yang merupakan unggulan pertama dalam turnamen BWF Super 300 itu mampu memegang kontrol permainan dengan solid dan konsisten di kedua gim.

Pada gim pertama, kedua pasangan sempat terlibat perebutan angka yang cukup ketat, tapi, Rinov/Pitha tetap bisa memegang dominasi dengan baik dan mempertahankan keunggulan mereka hingga akhir gim.

Baca juga: Perjuangan Rinov/Pitha amankan slot Olimpiade berlanjut di Orleans

Berbekal kepercayaan diri di gim pertama, Rinov/Pitha semakin kompak dan tenang saat menghadapi pasangan Jepang di gim kedua. Kombinasi serangan dan pertahanan yang baik menjadi bekal Rinov/Pitha untuk memperlebar jarak perolehan angka, sehingga berhasil membungkus kemenangan melalui dua gim langsung.

Dengan ini, maka ganda campuran peringkat 18 dunia itu akan melanjutkan perjuangan mereka di semifinal dengan bersiap untuk menghadapi wakil Denmark Mads Vestergaard/Christine Busch, Sabtu (16/3).

Langkah jauh Rinov/Pitha di Orleans pun menjadi prioritas mereka dan federasi demi bisa mengumpulkan lebih banyak lagi poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, musim panas mendatang.

Sejauh ini, Rinov/Pitha masih berada di peringkat ke-17 pada Race to Olympics dengan total 51184 poin terkumpul. Mereka masih berpeluang untuk merebut slot terakhir jika bisa keluar sebagai juara pada turnamen di Orleans, pekan ini, dan mengikuti beberapa turnamen terakhir yang masuk dalam penghitungan kualifikasi menuju Paris.

Sementara itu, masih ada tiga wakil Indonesia lainnya yang berlaga di babak perempat final Orleans Masters 2024, hari ini. Ada dua pasangan ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose, serta ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani.

Baca juga: Rinov/Pitha lengkapi wakil Indonesia ke 16 besar Orleans Masters
Baca juga: Skuad Indonesia turun di tiga turnamen bulu tangkis pekan ini


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024