Medan (ANTARA) - Atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara hingga Selasa malam (6/6) sudah berhasil menyumbangkan 12 medali emas untuk kontingen Indonesia di ajang ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja.

Torehan apik para atlet Sumut mendapat apresiasi dari ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting yang menyebutkan sejauh ini hampir semua atlet telah tampil maksimal dan penuhi target awal.

Total atlet NPC Sumut sudah menyumbangkan 12 emas, 5 perak, dan 9 perunggu. Atlet Sumut masih berpeluang menambah medali untuk Indonesia melalui cabang atletik, catur, dan angkat berat yang pertandingkan final Rabu (7/6) ini.

"Semoga target 16 emas bisa dipersembahkan atlet Sumut di ASEAN Para Games kali ini," kata Alan melalui pesan WhaatApp, Rabu.

Sementara Muammar Habibila, atlet atletik asal Sumatera Utara, mengaku sangat senang bisa menyumbangkan dua emas dan satu perak untuk Merah Putih.

Dua emas Muammar Habibila diraih hari Selasa (6/6) dari nomor estafet 4x100 meter T11 hingga T13 Putra dan lompat jauh dengan lompatan terjauh 6,34 meter, sementara perak ia raih dari nomor lari 100 meter.

Prestasi Habibila terbilang fantastis. Sebab, kurang dari 8 jam, atlet asal Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara itu sukses persembahkan dua emas sekaligus.

Ia mengaku awalnya kedua nomor tersebut tidak dipertandingkan sekaligus dalam sehari. Bahkan, nomor lompat jauh sempat tidak akan dipertandingkan.

"Semua prestasi ini gak terlepas dari support dan dukungan orang tua saya. Ini saya persembahkan untuk kedua orang tua saya," katanya.


Baca juga: Sempat jualan roti, Sahrul kini berjaya di ASEAN Para Games 2022
Baca juga: NPC Sumut sumbang 26 atlet di Pelatnas ASEAN Para Games 2022
Baca juga: Atlet renang Sumut pecahkan rekor Asean Para Games

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023