Jakarta (ANTARA) - Tren positif Tangerang Hawks Basketball Club dengan tiga kemenangan beruntun akhirnya terhenti di tangan Bumi Borneo Basketball Pontianak dalam IBL Seri Ketujuh yang digelar di C-Tra Arena Bandung, Rabu.

Hawks sudah sekuat tenaga mengembalikan keunggulan, tetapi pertahanan Bumi Borneo terlalu kuat untuk ditembus. Bumi Borne akhirnya berhasil menundukkan Hawks dengan skor 68-71,

Pertandingan Bumi Borneo Basketball Pontianak melawan Tangerang Hawks Basketball Club sejatinya berlangsung menegangkan sejak awal pertandingan.

Berdasarkan hasil pertandingan yang disiarkan IBL, Rabu, Hawks awalnya unggul 19-18 di kuarter pertama, tetapi Bumi Borneo membalas dengan memasukkan 17 angka di kuarter kedua, yang membuat Bumi Borneo unggul 35-31 saat turun minum.

Bumi Borneo menurunkan starting five berisi Sultan Prawira, Agam Subastian, Muhammad Daffa, pemain asing Cameron Ridley, dan kapten tim Raymond Shariputra.

Sementara dari Tangerang Hawks, starter-nya adalah Danny Ray, Winston Swenjaya, Teddy Apriyana Romadonsyah, pemain asing Anthony Allen Jr., dan kapten tim Rizky Effendy.

Hawks yang ingin mempertahankan tren positifnya, langsung menyerang dengan tempo cepat. Mereka unggul 19-18 saat kuarter pertama ditutup.

Hawks yang hanya unggul satu angka tidak bisa mempertahankan momentum. Apalagi mereka gagal menahan laju Randy Bell dan A.A. Ngurah Wisnu Budidharma di awal kuarter kedua.

Momentum kebangkitan Hawks ada di kuarter ketiga. Mereka unggul 22-13. Ada tiga three point Bumi Borneo yang bersarang di ring Hawks. Bumi Borneo mampu menahan Hawks hanya mencetak satu tembakan dari 10 attempt di sepanjang kuarter ketiga.

Sebagian besar poin Hawks datang dari free throw. Sementara, meski Hawks berusaha keras untuk bangkit di kuarter keempat, mereka tidak bisa merebut keunggulan dari Bumi Borneo.

Randy Bell tampil solid dengan catatan 12 poin, 10 rebound, dan lima assist, selama 25 menit. Muhammad Daffa yang jadi starter bisa mencetak 13 poin. Kemudian A.A. Ngurah Wisnu Budidharma selesai dengan torehan 11 poin.

Perbedaan paling mencolok adalah dari sisi rebound. Bumi Borneo mencetak 24 offensive rebound dari total 60 rebound. Dari sana, mereka bisa mencetak 18 second chance points. Lalu point in the paint Bumi Borneo cukup tinggi dengan 44 poin.

Dari tim Tangerang Hawks, Winston Swenjaya mencetak 15 poin. Tyron Criswell menambahkan 12 poin, sedangkan Teddy Apriyana Romadonsyah kali ini menyumbang 10 poin.

Tiga kemenangan beruntun Hawks akhirnya berhenti. Artinya membuka kesempatan kepada Bali United Basketball Club dan RJ Amartha Hangtuah Jakarta untuk sedikit bernafas. Sebab, jumlah kemenangan ketiga tim tersebut sama.

Kemenangan ini sangat penting bagi Bumi Borneo untuk mengamankan peringkat ketujuh di klasemen sementara. Bumi Borneo punya rekor pertandingan 13-11. Mereka masih punya sisa enam laga untuk dimainkan. Bumi Borneo harus tetap waspada agar tidak tersusul dari tim di bawahnya.

Baca juga: Colome debut manis bersama Dewa United saat kalahkan Evos
Baca juga: Dewa United datangkan Jeison Colome untuk arungi lanjutan IBL 2023
Baca juga: Pelita Jaya menang tipis atas Bumi Borneo di IBL Seri Bandung

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023