Samarinda (ANTARA) - Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Desa Telihan, Bontang, Kalimantan Timur, meraih juara pertama tingkat nasional pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV Tahun 2023 di Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Posyantek Telihan Kota Bontang atas penghargaan nasional ini. Kami berharap prestasi nasional ini bisa menjadi motivasi desa lain di Kaltim untuk meraih hal yang sama pada event GTTGN tahun mendatang," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kaltim Anwar Sanusi dalam keterangan di Samarinda, Rabu.

Baca juga: Mendes PDTT: Teknologi tepat guna pengungkit pembangunan desa

Anwar Sanusi hadir mewakili Gubernur Kaltim untuk menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Anwar menjelaskan GTTGN tahun ini mengusung tema “Inovasi Tiada Henti, Menguatkan Daya Saing Desa dan Menyejahterakan Warga” dilaksanakan pada tanggal 1-11 Juni 2023 di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim Bandar Lampung.

Menurut dia, prestasi nasional ini merupakan hasil karya masyarakat Kaltim yang terjaring melalui GTTG Tingkat Provinsi Kaltim di Kota Bontang pada Mei 2023.

Baca juga: Mendes: Gelar Teknologi Tepat Guna bisa menjadi motivasi inovator desa

Saat itu, Posyantek Desa Telihan, Kota Bontang menjadi juara pertama tingkat Provinsi Kaltim setelah menyingkirkan Posyantek Desa Cendekia, Kabupaten Mahakam Ulu sebagai juara kedua dan Posyantek Desa Berlian, Kota Bontang sebagai juara ketiga.

"Teknologi tepat guna ini perlu dikembangkan oleh kabupaten dan kota yang lain sehingga muncul juara posyantek berikutnya," ujar Anwar.

Ia berpesan kepada masyarakat Kaltim untuk terus berinovasi dan berkarya menciptakan teknologi yang sesuai dengan kondisi budaya dan ekonomi serta penggunaannya harus ramah lingkungan.

Baca juga: Mendes PDTT ungkap makna logo Gelar Teknologi Tepat Guna

Pada GTTGN XXIV Tahun 2023 tersebut juga diberikan penghargaan kepada Gubernur Kaltim Isran Noor atas kontribusi dan kerja keras dalam pembinaan pengembangan teknologi tepat guna desa.

Pewarta: Arumanto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023