Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (7/6), mulai dari Presiden RI Joko Widodo menjamin investasi pembangunan IKN Nusantara tetap aman siapa pun presidennya hingga forum ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) ke-20.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Jokowi: Investasi dan keberlanjutan IKN aman siapa pun presidennya

Presiden RI Joko Widodo menjamin investasi dan keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan tetap aman terlepas dari siapa pun yang akan menjadi pemenang pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Jaminan itu disampaikan Presiden saat berbicara dalam forum Ecosperity Week 2023 di Marina Bay Sands, Singapura, Rabu (7/6), yang dihadiri kalangan investor, pejabat pemerintah, dan akademisi.

Selengkapnya baca di sini.

Menteri PUPR soal cawapres Ganjar: Saya lebih baik ambil yang lain

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku enggan mengambil kemungkinan tawaran sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) sebagaimana namanya yang muncul salah satu figur untuk mendampingi bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

“Saya lebih baik ambil yang lain,” kata Basuki usai Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/6).

Selengkapnya baca di sini.

Wapres ajak diaspora muda gunakan hak pilih pada Pemilu 2024

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak diaspora muda atau warga negara Indonesia yang bermukim di luar negeri menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024, dan tidak menyia-nyiakan haknya dengan tidak memilih (golput).

“Saya menganjurkan kepada pemilih muda kita yang di luar negeri, sebaiknya segera mendaftarkan diri, supaya ikut berpartisipasi dalam pemilu. Jangan golput. Sebab kalau golput, itu tidak ikut berpartisipasi,” kata Wapres dalam keterangan persnya usai meninjau Batamindo Green Farm di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (7/6), sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.

Wamenhan respons proposal Prabowo: Kita ingin Rusia-Ukraina damai

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra menilai proposal perdamaian untuk resolusi konflik antara Rusia dan Ukraina yang disampaikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hanya untuk mendamaikan kedua negara.

"Begini, intinya kita ingin konflik Rusia-Ukraina segera selesai, damai," kata Herindra usai rapat bersama Komisi I DPR di Kompleks Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (7/6).

Selengkapnya baca di sini.

Panglima TNI: Forum ACDFM perkuat keamanan kawasan ASEAN

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan pertemuan petinggi militer dalam forum ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) ke-20 di Apurva Kempinski, Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu bertujuan untuk memperkuat keamanan kawasan Asia Tenggara.

Di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (7/6), Yudo Margono mengatakan ada beberapa pokok utama yang dibahas dalam pertemuan petinggi militer tersebut yang pada intinya menyangkut keamanan (security) untuk kemakmuran (prosperity) negara-negara ASEAN melalui kerja sama militer sebagai bagian dari penjabaran tema KTT ASEAN yang bernaung di bawah tema ASEAN Matter's: Episentrum of Growth.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023