kemacetan parah terjadi di sekitar lokasi amblas jalan yakni di Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi menuju arah Kota Pekanbaru dan sebaliknya.
Pekanbaru (ANTARA News) - Jalan nasional amblas di ruas Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Singingi menuju Kota Pekanbaru, Riau, menyebabkan arus kendaraan di lintas Timur Sumatera mengalami kemacetan.

"Kendaraan kami sempat tertahan lama karena ada perbaikan jalan yang amblas di lintas Timur, maka terjadi macet di Kuantan Singingi," kata Saiman Rasyid (43) warga Marpoyan Damai, Pekanbaru dihubungi Senin.

Ia mengatakan, kemacetan parah terjadi di sekitar lokasi amblas jalan yakni di Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi menuju arah Kota Pekanbaru dan sebaliknya.

Penyebab amblas karena hujan yang turun belakangan di Kuantan Singingi cukup deras, maka sisi pinggir jalan tersebut tergerus air dan sebagian tanah terbawa arus ke jurang tebing terdekat.

Akibat kemacetan tersebut, warga sekitar memasang ban bekas dan tanda dari kayu agar pengendara dari Teluk Kuantan menuju Pekanbaru atau sebaliknya memperlambat kecepatan.

Menurut dia, ketika melintas sebagian warga dan petugas Bina Marga Kabupaten Kuantan Singingi berupaya menimbun lokasi yang amblas tersebut mengunakan alat berat.

Selain itu, penyebab amblas jalan karena saluran pembuang pada pinggir jalan ada yang sebagian rusak sehingga mengalir lewat celah itu, dan secara perlahan menyebabkan tanah menjadi turun.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Pemkab Kuantan Singingi, Azwan di lokasi terpisah membenarkan jalan nasional di wilayahnya mengalami amblas. Penyebab amblas karena saluran pembuang dan sebagian gorong-gorong tersumbat maka air hujan mengalir ke lokasi lain.

Namun petugas kepolisian setempat, katanya, berupaya untuk mengatasi arus lalu lintas dengan kendaraan melintas harus bergiliran karena badan jalan hanya dapat dilalui satu jalur.

(A047)











(U.A047/B/I006/I006) 11-02-2013 14:47:20

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013