Musi Banyuasin (ANTARA) - Sejumlah ruas Jalan Lintas Timur Sumatera, khususnya di wilayah Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu, macet menjelang Lebaran 2023.

Titik kemacetan terjadi di jalan Lintas Timur Sumatera yang berada di wilayah Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin dan Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin.

"Kemacetan terjadi di Pasar Sungai Lilin hingga tiga kilometer, " ujar seorang pemudik asal Jambi, Ihsan.

Baca juga: Polisi siap kawal pemudik via jalur alternatif Jalinteng Sumatera

Sementara kemacetan juga terjadi menuju Pasar Betung, Kabupaten Banyuasin. Kemacetan terjadi hingga satu kilometer. Sementara kemacetan di wilayah Sungai Lilin mencapai tiga kilometer.

Sebagian besar kondisi jalan lintas yang menghubungkan berbagai provinsi di Pulau Sumatera itu cukup baik. Meskipun ada beberapa ruas jalan yang bergelombang.

"Beberapa bulan lalu lebih parah lagi, banyak lubang di jalan lintas ini. Sekarang jauh lebih baik," kata Ihsan.

Seorang pemudik tujuan Medan, Fitri mengatakan meski terjadi kemacetan di beberapa titik, kondisi jalan cukup baik.

"Macetnya tidak separah di Jakarta. Paling hanya berapa kilometer saja, " kata Fitri.

Baca juga: Jalan Lintas Sumatera dalam kota Palembang siap dilalui pemudik

Baca juga: Jalan Lintas Timur Sumatera dipastikan siap dilalui pemudik H-10


Kepala Pos Pelayanan (Kaposyan) Lebaran 2023 Pasar Sungai Lilin, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin Iptu Darwin Sihombing mengatakan ruas jalan tersebut merupakan wilayah yang kerap mengalami kemacetan.

"Kemacetan terjadi biasanya dari pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB. Kemacetan terjadi karena ramainya aktivitas di pasar dan kurangnya lokasi parkir di kawasan ini, " kata Darwin.

Pihaknya menerjunkan dua petugas kepolisian dalam mengurai kemacetan tersebut. Darwin juga meminta masyarakat, khususnya para pemudik yang melintas di wilayah tersebut untuk bersabar dan menaati aturan lalu lintas.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023