Jakarta (ANTARA News) - Operator PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) pada 2013 akan memperluas bisnis ke lima negara yaitu Myanmar, Makao, Korea Selatan, Saudi Arabia, Taiwan dan Korea Selatan.

"Tahun ini Telkom akan memperlebar ekspansi jaringan bisnis internasional," kata Direktur Enterprises dan Wholesale Telkom, Muhammad Awaluddin, di sela acara "Gelar IndiPreneur Fest 2013" di Jakarta, Senin.

Menurut Awaluddin, melalui anak usahanya PT Telkom Internasional Indonesia (Telin), Telkom sudah masuk ke Malaysia, Timor Leste, Australia, Singapura dan Hongkong.

Ekspansi terakhir Telkom dilakukan dengan membangun layanan seluler dan menjadi operator seluler di Timor Leste pada 17 Januari 2013.

Menurut Awaluddin, saat ini Myanmar merupakan negara yang akan segera dimasuki Telkom sejalan dengan pembukaan tender layanan seluler di negara itu pada 23 Januari 2013.

"Penawaran keikutsertaan tender sudah disampaikan," kata Awaluddin.

Menurut catatan, batas akhir penyampaian surat ikut tender adalah pada 8 Februari 2013. Namun Awaluddin tidak bersedia merinci kesiapan Telkom mengikuti tender yang dilakukan pemerintah Myanmar tersebut.

Ia hanya mengatakan bahwa Telkom sudah merampungkan persiapan akhir untuk memenangkan proses tender yang dimaksud.

Menurut Awaluddin, pengembangan bisnis telekomunikasi ke negara lain sangat tergantung pada pasar, regulasi, dan teknologi.

"Ke tiga aspek tersebut menjadi syarat utama yang harus berjalan secara bersamaan, sehingga dalam bisnis bisa berkembang," ujarnya.

Sebelumnya Direktur Utama Telkom, Arief Yahya, mengatakan, untuk ekspansi bisnis ke luar negeri pada tahun 2013 perseroan menyiapkan anggaran sekitar 500 juta dolar AS.

(R017)





Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013