Rumbia, Sultra (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara akan merelokasi 270 rumah warga Pulau Masudu Kecamatan Poleang Tenggara karena hampir tiap tahun pemukiman mereka dilanda banjir rob dan puting beliung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana, Abu Kahar, di Rumbia Ibukota Bombana Senin mengatakan warga Pulau Masudu akan direlokasi di Desa Lemo dan Desa Larete juga masih dalam wilayah Kecamatan Poleang Tenggara atas permintaan mereka (warga, red) sendiri.

"Mereka telah mengusulkan kepada Pemkab Bombana untuk segera pindah dari pulau itu, karena setiap tahun mereka harus berhadapan dengan musibah akibat proses alam," tutur Abu Kahar.

Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB ) akan meninjau lokasi yang telah disiapkan oleh pihak Pemerintah Kecamatan.

"Warga Masudu tidak ingin rencana perpindahan ini lama terwujud, sebab mereka sangat terancam dengan musibah alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu," tutur Abu.

Abu mencontohkan pada pertengahan Januari 2013, warga tiba-tiba dikagetkan dengan luapan air laut pasang (rob) yang merendam ratusan rumah.

Selain ancaman bencana, di desa yang berada di pinggir pulau itu juga tidak ada sumber air tawar.

(A056)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013