Banda Aceh (ANTARA News) - Belasan unit bangunan toko aneka usaha milik masyarakat di komplek pasar tradisional Lamno, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, ludes terbakar pada Senin, dan kerugian diperkirakan mencapai Rp5 miliar.

Kapolsek Jaya AKP Misyanto yang dihubungi ANTARA dari Banda Aceh menyebutkan, api melalap belasan bangunan toko berkonstruksi kayu itu sekitar pukul 05.30 WIB, namun tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.

Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian, namun tidak mampu membantu memadamkan api yang terus melalap bangunan berkonstruksi kayu dan semi permanen di Lanmo, sekitar 70 kilometer arah barat Kota Banda Aceh.

Selain mobil pemadam kebakaran, personil Polsek Jaya dan prajurit TNI AD dari Koramil serta ratusan masyarakat ikut membantu memadamkan api yang sedang membakar tempat usaha masyarakat Lamno.

Kapolsek menjelaskan, laporan sementara kebakaran diperkirakan dari arus pendek listrik. Namun, pihaknya terus melakukan penyelidikan terkait terbakarnya tempat usaha masyarakat itu.

Pertokoan yang musnah dilalap si "jago merah" itu merupakan tempat usaha masyarakat dengan berbagai jenis usaha seperti kelontong, pakaian jadi, elektronik dan warung kopi.

AKP Misyanto juga menjelaskan pemerintah telah menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di pasar Lamno.

Kecamatan Jaya merupakan salah satu wilayah yang cukup parah diterjang tsunami 26 Desember 2004.

(A042)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013