Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut Hari Laut Sedunia yang diperingati pada 8 Juni merupakan momentum untuk mengingat pentingnya kedaulatan maritim.
 
Menurut Cak Imin, momentum ini juga didedikasikan khusus untuk menghargai keanekaragaman dan nilai intrinsik laut-laut yang ada di dunia, termasuk di Indonesia.
 
"Hari Laut ini momentum bagi kita untuk menyadari betapa besar anugerah yang terkandung di dalamnya. Laut bukan saja menyimpan aneka ragam ikan yang bisa kita konsumsi, tetapi juga ada nilai intrinsik yang harus kita hargai dan kita jaga,” kata Cak Imin dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis.
 
Cak Imin mengingatkan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kedaulatan maritim yang harus dijaga demi kepentingan bangsa.
 
Hal tersebut, kata dia, sekaligus melanjutkan perjuangan kedaulatan maritim melalui diplomasi yang telah dilakukan oleh para tokoh bangsa.
 
"Kedaulatan maritim harus kita jaga, kita pertahankan sampai kapan pun. Jasa para pendiri bangsa memperjuangkan kedaulatan maritim tidak main-main, mereka berdiplomasi bertahun-tahun sampai akhirnya kita punya laut yang begitu luas dan indah," ujar Cak Imin.
 
Apabila mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan maritim tersebut, Cak Imin optimistis Indonesia bisa menjadi negara yang kaya raya.
 
Oleh karena itu, Wakil Ketua DPR RI Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) ini mendorong semua pihak untuk terus memupuk kesadaran akan pentingnya menjaga kedaulatan maritim.
 
"Laut kita begitu kaya dan seharusnya Indonesia ini bisa menjadi negara kaya dari laut dengan syarat jaga dan pertahankan kedaulatan maritim kita, tumbuhkan kesadaran bangsa bahwa menjaga kedaulatan maritim itu penting," kata dia.

Baca juga: Pakar: Cak Imin komitmen kawal politik hijau Indonesia
Baca juga: Muhaimin serukan aplikasi nilai Pancasila dalam kehidupan sosial

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023