Banda Aceh (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyebut seorang jamaah calon haji asal Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi, sehingga total jamaah daerah itu yang meninggal di Tanah Suci sudah dua orang.

Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari di Banda Aceh, Kamis, mengatakan jamaah calon haji yang meninggal dunia atas nama Marzuki bin Husen Hanafiah (70). Ia meninggal dunia di Mekkah pada Rabu (7/6) kemarin.

“Almarhum dimakamkan di Syaraya. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan ditempatkan di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” kata Azhari.

Azhari menjelaskan calon haji pemilik paspor E3500458 itu tergabung dalam kloter 06-BTJ. Ia meninggal dunia pada pukul 18.02 Waktu Arab Saudi (WAS) di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI),Mekkah.

Baca juga: Kadaker Mekah imbau jamaah calon haji bersiap diri hadapi cuaca panas

Informasi meninggal dunia Marzuki diterima Azhari dari petugas kloter 06-BTJ di Mekkah.

Kata dia, menurut sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan KKHI Mekkah, Marzuki didiagnosa mengalami syok jantung (cardiogenic shock) yang disebabkan penyakit iskemia jantung (ischemic heart disease).

“Ia (Marzuki) juga mengidap diabetes mellitus dan hipertensi,” katanya.

Proses pengurusan jenazah sudah dilakukan petugas kloter bersama pihak maktab. Saat ini, Azhari menambahkan, jamaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi sudah dua orang.

Sebelumnya, Muhammad Yusuf Dadeh (70) dari Kota Lhokseumawe yang tergabung dalam kloter 04-BTJ, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah, Madinah, pada Minggu (4/6) lalu.

Baca juga: Satu calon haji Riau dirawat di RSAS Madinah

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023