Pemberian uang saku merupakan bentuk fasilitas yang diberikan Pemkot Ambon kepada JCH
Ambon (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku menyiapkan bantuan uang saku bagi sebanyak 314 jamaah calon haji (JH) yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, pada 15 Juni 2023.

"Pemkot Ambon mengalokasikan dana untuk uang saku calon haji dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), jumlahnya akan disampaikan kepada JCH saat pelepasan jamaah Kota Ambon," Kata Kepala Bagian Kesra Kota Ambon, Fenly Masawoy di Ambon, Kamis.

Ia menyatakan, pemberian uang saku merupakan bentuk fasilitas yang diberikan Pemkot Ambon kepada JCH.

Selain memberikan yang saku, pihaknya juga menyiapkan fasilitas pemeriksaan kesehatan melalui Dinas Kesehatan yang telah dilakukan sebelum keberangkatan.

"Dinkes juga melalukan program pemeriksaan kesehatan semua jamaah haji dan sosialisasi kesehatan dan kebugaran fisik," katanya.

Pemkot, lanjutnya juga melakukan pendampingan JCH mulai dari keberangkatan ke embarkasi dan proses kepulangan jamaah dari Makassar, Sulsel, ke Ambon.

"Petugas kesehatan akan mendampingi JCH terutama yang lansia hingga ke Embarkasi Makassar,kita berharap seluruh proses ibadah haji berjalan dengan lancar," kata Fenly Masawoy.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, H.R.A.Fachrurrazy Hassannusi, S, Fil, M.Si mengatakan bahwa pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, Kota Ambon mendapat kuota memberangkatkan 314 rang untuk berhaji ke Tanah Suci.

Ia menjelaskan JCH asal Ambon karena keterbatasan asrama yang ada di Desa Waiheru tidak menempati asrama haji, tetapi pada 15 Juni 2023 rombongan akan menuju pelataran masjid raya Al Fatah Ambon dan siap diberangkatkan ke embarkasi Makassar setelah shalat subuh terlebih dahulu.

Jadi, katanya, JCH dari Kota Ambon tidak masuk ke Asrama Haji langsung dari rumah masing-masing menuju masjid raya Al Fatah untuk kemudian dilepas keberangkatan mereka menuju embarkasi Makassar.

JCH asal Kota Ambon akan ada dalam satu kelompok penerbangan yakni 33 dan akan bergabung dengan JCH asal Kabupaten Buru Selatan. Sedangkan untuk Maluku seluruhnya ada tiga kelompok terbang yakni 33,34, dan 35, demikian H.R.A.Fachrurrazy Hassannusi.

Baca juga: 314 calon haji Kota Ambon jalani manasik haji

Baca juga: Pindah domisili, 10 calon haji Kota Ambon melakukan mutasi

Baca juga: Tiga calon haji Ambon batal berangkat karena belum lunasi BPIH

Baca juga: Kota Ambon dapat tambahan kuota haji 32 orang

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023