Sebanyak 199 JCH Riau BTH-33 itu sekaligus menutup pemberangkatan gelombang kedua dan seluruh rangkaian kegiatan penyelenggaraan keberangkatan jamaah haji tahun 1444 H/ 2023 M dari Embarkasi Haji Antara Riau
Pekanbaru (ANTARA) - Asisten I Sekda Provinsi Riau H. Masrul Kasmy melepas sebanyak 199 jamaah calon haji (JCH) asal Provinsi Riau yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) Embakarsi Batam (BTH)-33 untuk menunaikan ibadah haji 1444 Hijriah di  Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi

"Sebanyak 199 JCH Riau BTH-33 itu sekaligus menutup pemberangkatan gelombang kedua dan seluruh rangkaian kegiatan penyelenggaraan keberangkatan jamaah haji tahun 1444 H/ 2023 M dari Embarkasi Haji Antara Riau," katanya di Pekanbaru, Jumat.

Menjelang berangkat, para JCH yang berasal dari enam kabupaten di Riau ini langsung menggunakan pakaian ihram dari asrama haji.

Ia  mengajak JCH Riau untuk menjaga kesehatan apalagi suhu di Makkah 44 derajat Celcius sehingga ketika di Masjidil Haram berupaya untuk terus minum yang sehat berupa air zamzam yang bertulisan warna biru dan upayakan jangan minum air dingin.

Ketika tawaf, kata dia, JCH agar menghemat energi dan jangan selalu memaksa untuk selalu bersama rombongan. "Ikuti saja arusnya, Insya Allah tidak tersesat karena di sana jamaah adalah tamu Allah SWT," katanya.

"Jamaah jangan memaksakan diri menghabiskan energi atau tenaga, santai saja dalam beribadah. Perbanyak ibadah jangan terlena," katanya.

Sementara itu dalam laporannya Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Haji Antara Riau yang dilaporkan Pelaksana Harian Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H. Muliardi mengatakan Embarkasi Haji Antara Riau sudah memberangkatkan 5.223 orang JCH dan 72 petugas kloter.

Ia menjelaskan CH Kloter BTH-33 atau Kloter ke 15 Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau ini berjumlah 199 orang. Petugas kloter yang akan memandu perjalanan BTH-33 ini adalah Muhammad Asrul Shamad Hasibuan sebagai TPHI, Sariman Parni Kasan Madi sebagai TPIHI, Thesar Waldi sebagai dokter Kloter dan Sukaini Daeng Pangiling sebagai paramedis.

Jamaah yang tergabung dalam BTH-33 ini akan berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 3501 pukul 17.50 WIB dan akan tiba kembali ke Tanah Air pada 2 Agustus 2023 pukul 08.05 WIB.

Hingga akhir penyelenggaraan pemberangkatan ibadah Haji 1444 H/2023 M, Embarkasi Haji Antara Riau sudah memberangkatkan 5.297 orang JCH Riau, demikian Muliardi.

Baca juga: 481 calon haji dan petugas gelombang kedua masuk Embarkasi Haji Riau

Baca juga: Calhaj Riau harus patuhi larangan swafoto berlebih di Masjdil Haram

Baca juga: Enam kelompok terbang calon haji Riau sudah di berada Mekkah

Baca juga: 367 calon haji Riau diberangkatkan ke embarkasi Batam

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023