Alhamdulillah sudah enam kloter jamaah calon haji asal Provinsi Riau berada di Kota Mekkah yakni kloter 02, 04, 06, 07, 08 dan 09. Semua sudah selesai melaksanakan rangkaian umrah wajib dan bersiap menunggu rangkaian ibadah haji,
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin mengatakan hingga hari ini sudah enam kelompok terbang (kloter) jamaah calon haji (JCH) 2023 asal Provinsi Riau berada di Kota Mekkah Al Mukarramah.

"Alhamdulillah sudah enam kloter jamaah calon haji asal Provinsi Riau berada di Kota Mekkah yakni kloter 02, 04, 06, 07, 08 dan 09. Semua sudah selesai melaksanakan rangkaian umrah wajib dan bersiap menunggu rangkaian ibadah haji," katanya dalam keteranghan di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan JCH Riau kini memanfaatkan waktu untuk melaksanakan shalat wajib di Masjidil Haram dan melakukan ziarah. Sedangkan CJH Riau yang masih berada di Madinah masih melaksanakan Arbain dan ziarah beberapa tempat di Kota Madinah.

Mahyudin mengatakan seperti kloter BTH–09 baru saja selesai melaksanakan ibadah umrah setiba di Kota Mekkah. Sedangkan untuk Kloter BTH–10 pada Rabu (7/6) pukul 08.00 WAS baru bertolak menuju Kota Mekkah.

Ketua Kloter BTH-09, Taufik menyebutkan, kloter BTH–09 sebanyak 370 jamaah, Selasa (6/7) 2023 pukul 14.00 WAS telah bergerak menuju Mekkah dengan menggunakan 9 bus, jamaah sampai di Tanah Suci Mekkah malam pukul 22.15 WAS.

"Pada pukul 12.00 WAS jamaah langsung menuju Masjidil haram untuk melaksanakan rangkaian umrah, tawaf wajib yang dilanjutkan dengan sa'i dan tahallul. Rangkaian umroh selesai dilaksanakan kurang lebih 30 minit menjelang shalat Subuh," katanya.

Taufik menjelaskan kondisi JCH Kloter BTH–09 tiba di Makkah berada dalam keadaan sehat. Begitu juga dengan jamaah yang dirawat di KKHI sudah sehat dan sudah dapat bersama kloter menuju Mekkah.

"Semoga Allah SWT melancarkan rangkaian ibadah yang dilaksanakan," katanya.

Sementara itu dua orang jamaah BTH 04 atas nama Yusnidar Binti Ibrahim Doni dan Akhmad Arief yang dirujuk Ke KKHI tanggal 05 Juni 2023 namun kini sudah membaik.

"Dari 369 jemaah haji pada kloter BTH – 04, 50 orangnya merupakan beresiko tinggi, jemaah untuk tidak memaksakan diri beribadah di luar dan dapat mencari masjid hotel agar kondisi jemaah terjaga hingga puncak haji," kata Ketua Kloter BTH–04 Dendi Irawan.

"Cuaca panas kami petugas kloter serta tim kesehatan selalu mengingatkan agar jamaah lansia dan jemaah yang terbatas pergerakan dan kesehatan dianjurkan untuk shalat di mushalla hotel atau masjid terdekat agar kondisi jemaah terjaga dengan baik. Sementara itu proses Armuzna (puncak masa haji) masih lama," katanya.

Ia juga menjelaskan kegiatan jemaah haji Kloter BTH - 04 sebelum datang Armuzna (puncak masa haji) diantaranya melaksanakan shalat di Masjidil Haram. Untuk dapat ke Masjidil Haram menggunakan mobil Shalawat Nomor 3 yang berhenti di terminal Syib Amir.

Sedangkan JCH yang tergabung dalam kloter BTH-15 masih melaksanakan Arbain. Sedangkan untuk melakukan ziarah ke raudhah direncanakan pada Jumat (9/6), dan jemaah saat ini sedang mendapatkan edukasi dan pembinaan manasik umrah.

"Jamaah yang merupakan gabungan Kabupaten Siak dan Kepulauan Meranti ini akan mengakhiri ibadah Arbain pada Subuh Senin (12/6) selanjutnya akan diberangkatkan menuju Kota Mekkah Al Mukarromah untuk melaksanakan Umrah Wajib dan Rangkaian Ibadah haji lain," demikian Dendi Irawan.

Baca juga: 370 calon haji Riau tiba dengan selamat di Madinah

Baca juga: 367 calon haji Riau diberangkatkan ke embarkasi Batam

Baca juga: Pemrov Riau lepas 370 calon haji ke Madinah

Baca juga: Ditjen PHU tinjau kesiapan sanitasi Asrama Haji Pekanbaru


 

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023