Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej), Jawa Timur menduduki peringkat kesepuluh untuk perguruan tinggi dengan kinerja dan kontribusi terbaik secara nasional untuk tujuan ketiga pada Sustainable Development Goals (SDGs) versi lembaga pemeringkatan internasional Times Higher Education (THE).

"Tujuan ketiga SDGs (tujuan pembangunan berkelanjutan) yang sudah ditetapkan oleh PBB adalah mewujudkan kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan untuk semua usia," kata Wakil Rektor III Unej Prof. Bambang Kuswandi di kampus setempat, Kamis.

Selain menduduki peringkat ke-10 secara nasional untuk kategori target tujuan ke-3 SDGs, Unej juga mencatat prestasi di posisi ke-13 untuk target ke-8 SDGs di bidang mewujudkan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Menggugah semangat belajar lewat program Kampus Mengajar

Kemudian, posisi ke-14 untuk target ke-9 SDGs yang berhubungan dengan pembangunan infrastruktur industri dan inovasi. Posisi ke-15 untuk target SDGs ke-15 dalam usaha menjaga ekosistem.

Sementara pada target SDGs ke-1 yang akan berfokus mengakhiri kemiskinan dan target SDGs ke-4 tentang pendidikan inklusif, Universitas Jember berada di peringkat ke-20.

"Alhamdulillah, kinerja dan kontribusi Unej dalam rangka ikut mewujudkan target SDGs mendapatkan apresiasi dari Times Higher Education," katanya.

Ia menjelaskan penilaian itu diantaranya berdasarkan kontribusi dalam mencetak tenaga kesehatan seperti diketahui Unej memiliki fakultas di rumpun kesehatan yang lengkap, mulai dari Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat hingga Fakultas Keperawatan.

Kontribusi Unej selanjutnya dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat dan mempromosikan kesejahteraan di Indonesia adalah keberadaan fasilitas kesehatan di lingkungan kampus yang bisa diakses oleh masyarakat umum.

Baca juga: Unej raih peringkat ketiga BLU dengan kinerja terbaik se-Indonesia

"Seperti Universitas Jember Medical Center (UMC), Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM), dan ditambah sebentar lagi dengan dibangunnya Rumah Sakit Pendidikan Unej," katanya.

Times Higher Education juga mencatat data kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan yang sudah dilakukan oleh Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan fakultas.

Keberhasilan itu juga disambut baik oleh Rektor Unej Iwan Taruna, karena masuknya kampus setempat dalam pemeringkatan yang dibuat oleh Times Higher Education menjadi rintisan bagi institusi yang dipimpinnya untuk mengikuti pemeringkatan lainnya, khususnya di bidang akademik.

Baca juga: Unej terima penghargaan dari Persatuan Insinyur Indonesia Jatim

Baca juga: Universitas Jember sebagai institusi riset peringkat 14 se-Indonesia


Sebagai informasi Times Higher Education yang berpusat di Inggris adalah lembaga pemeringkatan internasional yang hasil pemeringkatannya menjadi acuan berbagai institusi pendidikan dan organisasi lainnya secara global.

"Dengan mengikuti pemeringkatan, apalagi secara internasional, kami bisa mengetahui posisi Unej di antara perguruan tinggi lainnya. Hasil pemeringkatan juga menjadi parameter untuk mengukur kinerja kami," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dapat menjadi modal dalam menjalin kerja sama internasional, karena beberapa institusi pendidikan atau organisasi internasional bersedia menjadi mitra jika institusi Unej sudah masuk pemeringkatan internasional, sehingga Unej serius mengelola pemeringkatan, salah satunya dengan cara membentuk tim pemeringkatan.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023