Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej) kembali meraih prestasi, yakni menduduki peringkat ketiga Badan Layanan Umum (BLU) dengan kinerja anggaran terbaik se-Indonesia tahun anggaran 2022 dari Kementerian Keuangan.

"Prestasi itu sangat membanggakan mengingat ada 260 BLU di Indonesia dengan berbagai bidang layanan," kata Rektor Unej Iwan Taruna dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2023 di aula lantai 3 Gedung Rektorat dr. R. Achmad kampus setempat, Selasa.

Menurutnya, prestasi itu dicapai saat Unej belum genap empat tahun menjadi BLU, karena Unej resmi menjadi BLU pada tahun 2020. Dari penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan, kinerja anggaran Unej mendapatkan nilai 90,73.

Baca juga: Unej sediakan 2.155 kursi untuk mahasiswa baru jalur SNBP 2023

"Alhamdulillah, kinerja anggaran kita mendapatkan penilaian baik oleh Kementerian Keuangan. Tentu saja prestasi itu berkat kerja sama semua pihak. Namun ingat, pencapaian itu harus dipertahankan, bahkan harus ditingkatkan," tuturnya.

Untuk itu, lanjut dia, penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2023 menjadi momen yang tepat untuk meneguhkan kembali komitmen seluruh pimpinan Universitas Jember dalam melaksanakan amanah berupa target kinerja masing-masing unit kerja.

Rektor Unej juga menyampaikan evaluasi atas kinerja seluruh fakultas yang ada meliputi kinerja anggaran dan kinerja tata kelola, termasuk memaparkan pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) terkini di setiap fakultas.

Sementara Ketua SPI Unej Ika Barokah meminta semua pimpinan unit kerja untuk memperbaiki laporan kinerja, menciptakan inovasi layanan dan melakukan efisiensi anggaran agar predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah (SAKIP) Universitas Jember yang kini A naik menjadi AA.

Tidak hanya mencatatkan prestasi di bidang kinerja anggaran, lanjut dia, tata kelola Unej juga dinilai baik oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  (Kemendikbudristek). SAKIP Unej mendapatkan penilaian A.

Baca juga: Mahasiswa Unej teliti aerogel rami atasi tumpahan minyak di laut

Baca juga: Peneliti Unej paparkan konsep pertanian presisi untuk Indonesia

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023