Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa tentang kebijakan Pemprov DKI Jakarta dan isu perkotaan terjadi di wilayah DKI Jakarta sepanjang Kamis (8/6).

Dari mulai pembangunan LRT fase 1B hingga kemelut rumah toko (ruko) Pluit di atas lahan Jakpro.

Berikut rangkumannya : 


1. Pembangunan Stasiun LRT Fase B1 dimulai Juli

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Ismail mengatakan, pembangunan Stasiun LRT Fase B1 Velodrome-Manggarai dimulai pada Juli 2023.

Pengerjaan proyek tersebut dimulai dengan proses penawaran oleh kontraktor hingga pembangunan konstruksi awal.

"Kalau berdasarkan data yang mereka sampaikan sekarang tahap 'bidding'. Kalau lancar katanya Juli ini sudah bisa pengerjaan konstruksi di sebagian ruas," kata Ismail saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya bisa baca di sini


2. Untuk sementara, rute TransJakarta ke Bandara Soetta tidak untuk umum

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan, layanan TransJakarta ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tidak untuk masyarakat umum, tetapi hanya pegawai bandara saja.

“Lagi dibahas sama Dinas Perhubungan. Sementara tidak untuk umum, hanya untuk karyawan (bandara) yang mau pulang malam hari,” kata Heru di Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI), Pasar Rebo, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis.

Menurut Heru, keputusan ini ditetapkan sementara selama uji coba layanan. Sedangkan masyarakat umum yang ingin menggunakan transportasi umum ke Bandara Soetta bisa memanfaatkan bus Damri.

Selengkapnya bisa baca di sini


3. Jakut uji kualitas air Danau Sunter usai banyak ikan mati mengambang

Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Utara bersama Unit Pelayanan Teknis Pusat Produksi, Inspeksi, dan Sertifikasi Hasil Perikanan menguji kualitas air dan ikan di Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Produksi, Inspeksi dan Sertifikasi Hasil Perikanan (PPISHP) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian​​​​​​​ (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Risnadi di Jakarta Utara, Kamis, mengatakan, kadar asam (ph) dan lain-lain pada ikan dan air di Danau Sunter terbilang normal berdasarkan hasil uji fisik.

Selengkapnya bisa baca di sini


4. Ruko bermasalah di Pluit tempati lahan milik Jakpro tanpa izin

Jakarta (ANTARA) - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan rumah toko (ruko) bermasalah di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara berdiri di atas saluran air menggunakan lahan milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut tanpa izin.

"Pihak pemilik ruko tidak memiliki izin untuk memanfaatkan lahan milik Jakpro. Artinya, sampai saat ini, status kepemilikan lahan tersebut merupakan milik PT Jakarta Propertindo," kata VP Corporate Secretary Jakarta Propertindo (Perseroda), Syachrial Syarief dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya bisa baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023