Tokyo (ANTARA) - Saham Asia menguat ke level tertinggi sejak pertengahan Februari pada awal perdagangan Jumat, mengambil isyarat dari kenaikan Wall Street semalam, karena ekspektasi pasar menguat bahwa Federal Reserve akan melewatkan kenaikan suku bunga minggu depan.

Imbal hasil obligasi Jepang dan Australia mengikuti obligasi AS yang lebih rendah, dan dolar tetap defensif di awal sesi Asia.

Indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik bertambah 0,6 persen, dan pada satu titik menyentuh level terkuatnya sejak 16 Februari. Sebagian besar didorong oleh lonjakan 1,66 persen di Nikkei Jepang, yang rebound kuat menyusul penurunan dari level tertinggi 33 tahun di sesi sebelumnya.

Hang Seng Hong Kong bertambah 0,21 persen, sementara indeks saham unggulan China daratan CSI300 diperdagangkan 0,1 persen lebih tinggi di awal sesi.

Di Wall Street, kenaikan dipimpin oleh Nasdaq yang padat teknologi, melonjak 1,27 persen. S&P 500 yang lebih luas naik 0,62 persen. E-mini saham berjangka AS di Asia menunjukkan sekitar 0,1 persen lebih rendah untuk memulai kembali masing-masing indeks.

Pedagang sekarang memberikan peluang "1 dalam 4" bagi Fed untuk menaikkan suku bunga sebesar seperempat poin pada 14 Juni, versus 75 persen kemungkinan jeda. Namun, pasar melihat kenaikan yang sebagian besar dipastikan oleh keputusan 26 Juli, dengan peluang sekitar 80 persen.

Taruhan untuk jeda didukung oleh data semalam yang menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran baru melonjak ke level tertinggi lebih dari 1,5 tahun.

Namun, beberapa analis menunjukkan kenaikan suku bunga yang mengejutkan di bank sentral Kanada (BoC) dan bank sentral Australia (RBA) minggu ini sebagai alasan untuk tidak berpuas diri.

"Saya tidak akan masuk semua dan mengatakan kita akan mendapatkan kenaikan suku bunga, tapi saya pikir kita harus setidaknya 50 persen diperkirakan," kata Tony Sycamore, seorang analis di IG Markets di Sydney.

"Saya tahu orang dapat menunjuk komentar Ketua Fed (Jerome) Powell sebagai lebih mendukung penangguhan daripada kenaikan, tetapi ada beberapa perkembangan menarik sejak dia terakhir berbicara," tambah Sycamore.

"Saya tidak bisa membayangkan dia akan senang dengan kenaikan inflasi PCE inti, atau kenaikan yang kuat dalam penggajian non-pertanian."

Powell mengatakan pada 19 Mei bahwa masih belum jelas apakah suku bunga AS perlu dinaikkan lebih lanjut, dan risiko pengetatan atau pengetatan yang berlebihan menjadi lebih seimbang.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS dua tahun, yang sangat sensitif terhadap ekspektasi kebijakan moneter, sedikit berubah di sekitar 4,53 persen di Tokyo setelah penurunan 3 basis poin pada penutupan New York. Imbal hasil 10 tahun naik tipis menjadi 3,73 persen setelah jatuh 7 basis poin semalam.

Indeks dolar AS, yang mengukur mata uang terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya, sedikit berubah di 103,34, menempel di dekat level terendah lebih dari dua minggu di 103,29 yang dicapai pada Kamis (8/6/2023).

Dolar bertambah 0,15% menjadi 139,135 yen, setelah sebelumnya tergelincir ke level terendah satu minggu di 138,765.

Euro datar di 1,0784 dolar, tepat di bawah tertinggi dua minggu Kamis (8/6/2023) di 1,0787 dolar.

Di tempat lain, lira Turki memperpanjang penurunannya ke rekor terendah baru 23,54 per dolar, bahkan ketika penunjukan bankir AS oleh Presiden Tayyip Erdogan sebagai kepala bank sentral mengirim sinyal baru untuk kembali ke kebijakan yang lebih ortodoks.

Minyak mentah tetap melemah pada Jumat menyusul laporan bahwa Amerika Serikat dan Iran hampir mencapai kesepakatan nuklir, meskipun mendapat bantahan dari kedua belah pihak.

Optimisme untuk kesepakatan, yang dilaporkan termasuk cakupan tambahan 1 juta barel per hari dari produksi Iran, telah menurunkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) sebesar 3,50 dolar AS menjadi hanya 69 dolar AS pada satu titik pada Kamis (8/6/2023).

WTI berjangka terakhir 47 sen lebih lemah dari penutupan Kamis (8/6/2023) di 70,83 dolar AS. Minyak mentah berjangka Brent turun 47 sen menjadi diperdagangkan di 75,49 dolar AS per barel.


Baca juga: Saham Asia dibuka jatuh karena investor resah tentang suku bunga Fed
Baca juga: IHSG turun ikuti pelemahan bursa kawasan Asia dan global
Baca juga: Saham Asia dibuka menguat di tengah harapan stimulus China, jeda Fed

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023